Selasa 27 Jun 2017 06:16 WIB

Sejarah Hari Ini: AS Bersalah Atas Pelanggaran Hukum Internasional

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Palu Hakim (Ilustrasi)

Pasukan Yugoslavia melakukan penyerbuan dengan mengerahkan serangan darat dan udara ke Slovenia pada 27 Juni 1991. Langkah ini dilakukan hanya 48 jam setelah negara kecil di timur Eropa itu mengumumkan kemerdekaan.

Pada 25 Juni, Slovenia dan Kroasia memproklamasikan kemerdekaan negara mereka dari Yugoslavia. Dalam waktu dua hari setelahnya, pasukan federal dikerahkan untuk merebut kendali atas Slovenia. Dimulai dari sejumlah titik wilayah yang berbatasan dengan Italia, Austria, dan Hungaria.

Serangan juga dilancurkan di area sekitar bandara di Ibu Kota Lljubjana. Selain Slovenia, Kroasia juga menjadi target serangan agar wilayah negara itu dapat kembali diambil alih Pemerintah Yugoslavia.

Kementerian Pertahanan Yugoslavia saat itu mengatakan, akan melaksanakan kewajiban hingga akhir. Dengan tegas, pihaknya menyatakan misi untuk merebut kembali kendali atas Slovenia.

Meski pasukan federal Yugoslavia terus berupaya meluncurkan serangan, namun perang di Slovenia hanya berlangsung selama tujuh hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement