Jumat 30 Jun 2017 04:05 WIB

Clever Boy Obama Liburan Bersama Keluarga ke Indonesia

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah
 Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga mengunjungi objek wisata candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/7).
Foto: Republika/Nico Kurnia jati
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga mengunjungi objek wisata candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasakan arung jeram di Bali hingga mengunjungi kuil-kuil di Jawa, mewarnai liburan keluarga mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Liburan pribadi di Indonesia itu menjadi sangat dekat. Hal itu karena ia pernah menghabiskan empat tahunnya sebagai anak-anak di Indonesia.

Saat pindah ke Jakarta, Obama berusia enam tahun mengikuti ibunya yang berasal dari Amerika Serikat, Ann Dunham, yang menikahi seorang pria Indonesia. Ibunya menikahi pria Indonesia, saat setelah bercerai dengan ayah kandungnya yang berasal dari Kenya. "Saya merasa bangga, karena temanku menjadi presiden," kata mantan teman sekelas Obama di SD Negeri Menteng 01 Jakarta, Sonni Gondokusumo kepada Reuters.

Gondokusumo menunjukkan foto kelasnya dimana terlihat berdiri di belakang seorang pemuda, yakni Obama, yang saat itu sedang mengenakan baret sekolah. "Dia adalah anak yang pintar. Kapan pun seorang guru memintanya untuk menjawab soal di depan kelas, dia bisa melakukannya," kata Gondokusomo. Ia juga berharap bisa bertemu dengan mantan Presiden AS itu lagi.

Obama tetap populer di negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia ini. Perjalanannya telah disebarkan ke media selama liburan panjang, untuk menandakan akhir bulan Ramadhan. Sebelumnya, Obama kembali untuk kunjungan resmi sebagai presiden pada 2010 bersama istrinya, Michelle. Namun pada kedatangannya kali ini ke Indonesia, ia membawa anak-anaknya, Malia dan Sasha.

Orang Indonesia adalah pengguna media sosial yang tertinggi dan mengunggah foto maupun video mantan Presiden AS itu. Ada foto Obama yang berjalan bersama keluarganya di sawah dan bermain arung jeram di Sungai Ayung Bali, akhirnya menjadi viral.

Obama memulai liburannya dari Pulau Bali. Ia dan rombongan menginap di Four Seasons Resort Bali yang mewah, di dekat Pusat Kebudayaan Ubud. Pada Rabu (28/6) Obama dan keluarganya tiba di Kota Yogyakarta, dan mengunjungi Candi Borobudur.

Polda Jawa Tengah mengerahkan 700 petugas untuk memastikan kunjungannya ke Candi Borobudur, sebuah kuil Budha yang berasal dari abad kedelapan dan kesembilan. Setelah itu, Obama akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Jumat (30/6) di Istana Bogor, Jawa Barat, dan mengunjungi Jakarta pada Sabtu (1/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement