Senin 03 Jul 2017 10:50 WIB

Ribuan Orang Berdemo Jelang Pelaksanaan G20 di Hamburg

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
Pertemuan G20, ilustrasi
Foto: G20
Pertemuan G20, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG -- Ribuan orang melakukan aksi unjuk rasa di Kota Hamburg, Jerman pada Ahad (2/7) jelang pelaksanaan G20 Summit pekan depan. G20 atau Group of Twenty merupakan forum internasional yang anggotanya adalah 20 negara dengan ekonomi terkuat di dunia, termasuk Indonesia.

Dilaporkan ABC News, sekitar 4.000 orang melakukan long march menuju pusat kota untuk menggelar unjuk rasa. Mereka memprotes kebijakan perdagangan yang dijalankan negara-negara G20.

Aksi unjuk rasa tersebut diorganisir oleh kelompok buruh, kelompok aktivis HAM, aktivis lingkungan hingga aktivis gereja. Aksi protes juga mereka lakukan di atas ratusan perahu kecil di kanal-kanal yang mengaliri Kota Hamburg.

Pihak keamanan menjaga ketat jalannya aksi unjuk rasa. Mereka juga menyatakan bahwa sejumlah area tertentu tak boleh dipakai untuk berunjuk rasa pada saat gelaran G20 Summit pada 7-8 Juli mendatang.

Sementara itu, Kanselor Jerman Angle Merkel, lewat sebuah video, menyatakan bahwa ia menginginkan adanya diskusi dengan para pemimpin negara-negara G20 untuk membahas sejumlah isu seperti pembangunan yang berkelanjutan, hak-hak buruh dan perlindungan terhadap lingkungan.

Sejumlah pemimpin negara-negara G-20 memang direncanakan hadir dalam pertemuan tahunan tersebut, termasuk Presiden Joko Widodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement