Jumat 14 Jul 2017 05:31 WIB

Sejarah Hari Ini: Kristen Rebut Yerusalem dalam Perang Salib

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Pasukan Kristen Eropa menginvasi Yerusalem pada 14 Juli 1099 (ilustrasi).
Foto:
Bastille Day (ilustrasi).

Bastille, benteng dan penjara yang menjadi lambang tirani kerajaan Prancis diserbu oleh revolusioner Paris dan tentara pemberontak, pada 14 Juli 1789. Insiden dramatis yang dikenal dengan Bastille Day ini menandai dimulainya Revolusi Prancis.

Revolusi yang terjadi selama satu dekade tersebut diwarnai dengan kekacauan dan teror politik. Raja Louis XVI digulingkan dan puluhan ribu orang, termasuk raja dan istrinya Marie-Antoinette dieksekusi mati.

Pada musim panas 1789, Prancis bergerak cepat menuju revolusi. Gubernur militer Bastille, Bernard-René Jordan de Launay, mengaku merasa khawatir bentengnya akan menjadi sasaran kaum revolusioner dan ia kemudian meminta bala bantuan.

Pada 12 Juli, pihak berwenang kerajaan memindahkan 250 tong mesiu ke Bastille. Launay membawa anak buahnya bersembunyi di balik benteng besar Bastille dan mereka mengangkat dua jembatan besar yang dijadikan pintu masuk ke dalam benteng.

Pada 14 Juli pagi, kerumunan penyerang yang dipersenjatai dengan senapan, pedang, dan berbagai senjata darurat mulai berkumpul mengelilingi Bastille. Pasukan Launay awalnya mampu melawan gerombolan penyerang. Namun, setelah mereka semakin banyak, Launay akhirnya menyerahkan diri di atas benteng tersebut.

Launay dan anak buahnya ditahan, bubuk mesiu dan meriam Bastille disita, dan ketujuh tahanan dibebaskan. Setibanya di Hotel de Ville, tempat Launay ditangkap dan diadili oleh dewan revolusioner, pria ini malah ditarik oleh massa dan dibunuh.

Dilansir dari History, direbutnya Bastille melambangkan akhir dari rezim ancien dan memberi alasan kepada Prancis untuk memulai revolusi. Pada 1792, sistem monarki dihapuskan. Louis dan istrinya Marie-Antoinette dibunuh dengan menggunakan guillotine atas tuduhan pengkhianatan pada 1793.

Selanjutnya: Teknologi Revolusioner MP3 Diluncurkan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement