Jumat 14 Jul 2017 05:31 WIB

Sejarah Hari Ini: Kristen Rebut Yerusalem dalam Perang Salib

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Pasukan Kristen Eropa menginvasi Yerusalem pada 14 Juli 1099 (ilustrasi).
Foto:
Alat pemutar musik MP3.

Perwakilan Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) tidak hadir pada peluncuran sebuah terobosan teknologi terbaru dalam dunia musik, pada 14 Juli 1995. Teknologi itu bernama "MPEG-1 Audio Layer 3".

Teknologi ini memiliki format baru yang lebih efisien untuk pengkodean audio digital berkualitas tinggi dengan menggunakan algoritma kompresi data yang sangat efisien. Dengan kata lain, teknologi ini adalah cara untuk membuat file musik, yang cukup kecil untuk disimpan secara massal di komputer dan dipindahkan dengan mudah ke seluruh dunia dengan menggunakan Internet.

Pentingnya MP3 dijelaskan langsung oleh beberapa pakar aritmatika. Musik pada compact disc dibuat sedemikian rupa sehingga satu detik lagu sama dengan kira-kira 176 ribu byte data, dan satu lagu yang berdurasi tiga menit, mendekati 32 juta byte (32 MB).

Pada pertengahan 1990-an, komputer pribadi memiliki kapasitas hard disk total hanya 500 MB. Oleh karena itu tidak mungkin menyimpan satu pun album musik di komputer rumah.

Selama akhir 1980-an dan awal 1990-an, beberapa tim insinyur audio bekerja untuk mengembangkan, menguji, dan menyempurnakan standar yang menghasilkan Motion Picture Experts Group (MPEG). Pendekatan mereka memanfaatkan karakteristik fisik dan kognitif tertentu dari pendengaran manusia, seperti ketidakmampuan kita untuk mendeteksi lebih dari dua suara yang dimainkan bersamaan.

Dengan menggunakan metode kompresi "perseptual", para insinyur mampu menghilangkan lebih dari 90 persen data dalam file audio CD standar tanpa mengorbankan kualitas suara. Satu lagu hanya berbobot 3-4 MB.

Dilansir dari History, Winamp dan Napster digugat karena pelanggaran hak cipta dan distribusi musik digital melalui internet, pada 1999-2000. Di mata RIAA, kondisi menyebabkan penurunan sebesar 29 persen dalam penjualan CD musik antara 2000 hingga 2006.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement