Kamis 03 Aug 2017 13:28 WIB

Sejarah Hari Ini: Perang Dunia I Dimulai

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Sketsa tenggelamnya kapal Inggris Lusitania kapal selam Jerman di lepas pantai selatan Irlandia, 7 Mei 1915 saat Perang Dunia I.
Foto: epictimes.com
Penjelajah Spanyol Christoper Columbus

Pada 3 Agustus 1492 Christopher Columbus melakukan pelayaran pertamanya dengan tiga kapal, Santa María, Pinta dan Niña. Seperti dilansir On This Day, pelayaran pertama itu dilakukan dari Palos de la Frontera, Spanyol menuju Hindia.

Perjalanan Columbus tersebut didanai oleh Ratu Isabella dari Spanyol. Sang Ratu rela mendanai perjalanan tersebut usai berhasil menaklukan Andalusia.

Columbus sendiri merupakan penjelajah dan pedagang dari Genoa, Italia. Ia meyakini kalau bumi itu berbentuk bulat seperti bola. Bumi juga bisa dilayari menuju Timur Jauh melalui jalur barat.

Dalam perjalanannya, Columbus berhasil  menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada 12 Oktober 1492. Pada awalnya kedatangan Columbus disambut baik oleh suku Indian.

Namun setelah tahu ia akan memperluas wilayah jajahan Spanyol. Suku India marah dan melakukan perlawanan keras. Sejumlah armada kapal rombongan Colombus dirusak dan ditenggelamkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement