Ahad 20 Aug 2017 10:07 WIB

Penyakit Misterius Bunuh 62 Orang di Nigeria

Rep: Marniati/ Red: Nur Aini
Asuransi kesehatan warga Nigeria
Foto: pharmaccess
Asuransi kesehatan warga Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, LAGOS -- Sedikitnya 62 orang dikonfirmasi meninggal karena penyakit misterius di negara bagian Kogi tengah utara, Nigeria.

"Sekitar 62 orang kini terbunuh oleh penyakit misterius ini," ujar Komisaris Kesehatan Saka Yusuf seperti dilansir Anadolu (19/8).

Pihak berwenang mengatakan saat ini pemerintah sedang melakukan uji tes laboratorium di institusi kesehatan tersier untuk memastikan penyebab pasti kematian di beberapa komunitas di negara bagian tersebut. Yusuf menjelaskan tes laboratorium awal sampel dari daerah yang terkena diuji negatif untuk demam lassa. Demam Lassa merupakan penyakit yang gejalanya meliputi demam tinggi, pembengkakan, dan pendarahan.

Demam Lassa menyebar melalui tikus. Saat ini beberapa negara bagian Nigeria, termasuk ibu kota komersial Lagos dan Kwara utara terserang penyakit ini. Namun tingkat kematiannya rendah.

"Setibanya di masyarakat, kami berinteraksi dengan penduduk setempat dan sampel diambil dari sumber air dan suplai makanan mereka. Ditemukan bahwa orang-orang yang terkena penyakit ini memiliki gejala umum termasuk sakit perut, muntah, dan diare," katanya.

Yusuf menambahkan, mereka yang diketahui terkena penyakit tersebut dipindahkan ke Rumah Sakit Spesialis Negara Bagian Kogi, di mana diagnosis empiris karena keracunan makanan untuk menyingkirkan gastroenteritis (infeksi pada usus atau perut yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri).

"Mereka (pasien), bagaimanapun, menanggapi dengan baik  pengobatan yang dilakukan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement