Kamis 07 Sep 2017 14:41 WIB

Tiga Badai Besar Ancam Atlantik

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Esthi Maharani
badai irma
Foto: reuters
badai irma

REPUBLIKA.CO.ID, ST JOHN''S - Saat semua mata tertuju pada badai Irma yang mengamuk di Karibia, hanya sedikit yang menyadari ternyata badai tersebut tidak sendirian. Badai tropis Jose dan Katia yang semakin menguat pada Rabu (6/9) juga turut mengancam Atlantik.

Menurut CNN Weather, untuk pertama kalinya sejak 2010, tiga badai aktif terjadi di Atlantik. Mulai pukul 17.00 waktu setempat, badai Jose telah berada di Atlantik terbuka, tidak jauh dari tempat badai Irma terbentuk beberapa hari yang lalu.

Badai Jose mirip dengan badai Irma, yaitu jenis badai Tanjung Verde. Badai ini terbentuk di Atlantik timur jauh, dekat Kepulauan Tanjung Verde (sekarang dikenal sebagai Cabo Verde).

Namun, badai Jose tidak mengikuti jalur yang sama dengan badai Irma. Ia akan membuka jalur melengkung di Atlantik dan akan menguat menjadi badai Kategori 3 dengan kecepatan angin mencapai 115 mil per jam.

Darat terdekat yang akan didatangi badai Jose adalah Kepulauan Leeward utara. Badai ini cukup dekat untuk menyebabkan kerusakan langsung, sehingga berpotensi membawa angin dan hujan ke pulau-pulau yang telah terlebih dahulu hancur oleh badai Irma.

Sementara badai Katia adalah badai Teluk Meksiko bagian selatan yang terbentuk tidak terlalu jauh dari tempat badai Harvey terbentuk dua pekan lalu. Tidak seperti badai Harvey yang pindah ke utara dan menguat dengan cepat, badai Katia diperkirakan akan tetap dekat dengan Meksiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement