Selasa 19 Sep 2017 00:35 WIB

Badai Maria Diprediksi Landa Karibia

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Badai maria (ilustrasi).
Foto: NASA/EPA
Badai maria (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ST MARTIN -- Badai Maria diprediksi akan melanda sejumlah pulau di Karibia. Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (AS) (NHC) mengumumkan status badai itu menjadi kategori tiga dan saat ini bergerak di jalur yang sama dengan Badai Irma.

Diperkirakan badai ini akan menguat dalam waktu 48 jam ke depan. Karena itu, sejumlah wilayah di Karibia mengeluarkan peringatan bahwa Maria akan melanda, diantaranya adalah Guadeloupe, Dominika, St Kitts & Nevis, serta Montserrat.

Maria memiliki kecepatan maksimal 120 kilometer per jam. Badai ini diprediksi pertama kali melanda Kepulauan Leeward pada Senin (18/9) malam.

"Pada jalur yang diperkirakan, Maria akan bergerak melintasi Kepulauan Leeward pada Senin (18/9) malam dan nantinya melintasi wilayah timur laut hingga Selasa (19/9) malam," ujar pernyataan NHC, dilansir BBC, Senin (18/9).

Hingga saat ini, sejumlah pulau di Karibia masih dalam kondisi pemulihan pasca Irma. Badai kategori lima itu sebelumnya membuat setidaknya 37 orang tewas dan kerugian akibat kerusakan hingga miliaran dolar AS.

NHC mengatakan potensi curah hujan tinggi akibat Maria saat ini terjadi di seluruh Kepulauan Leeward, khususnya wilayah tengah dan selatan. Lalu, hujan juga terjadi di Kepulauan Virgin hingga Rabu (20/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement