Jumat 27 Oct 2017 05:14 WIB

Biaya Upacara Kremasi Raja Thailand Mencapai Rp 1,215 T

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Warga Bangkok di antara dua foto raja saat  mengikuti prosesi kremasi dan penguburan jenazah mendiang Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok.
Foto: Sakchai Lalit/AP
Warga Bangkok di antara dua foto raja saat mengikuti prosesi kremasi dan penguburan jenazah mendiang Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Menginjak satu tahun berkabung nasional, Thailand akan mengkremasi Raja Bhumibol Adulyadej yang dirayakan pada hari Kamis malam. Upacara kremasi yang menghabiskan dana mencapai 90 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,215 triliun (kurs Rp 13.500 per dolar AS) tersebut melambangkan pengabdian rakyatnya yang melimpah dan kelimpahan duniawi yang dianggap monarki terkaya di dunia.

Seperti dilansir dari laman, The New York Times, Kamis (26/10), Raja Bhumibol wafat pada 13 Oktober 2016. Sejak saat itu, persiapan upacara kremasi sudah dilakukan, dimulai dari membangun kompleks kremasi dan desain bagian dalam bangunan.

Setelah 10 bulan konstruksi, sebuah batu bata dan paviliun kerajaan setinggi 164 kaki dihiasi dengan sembilan menara berlapis emas, payung putih dan patung anjing peliharaan favorit raja, sebuah guci dan peti mati penguburan di mana raja kesembilan dari Chakri dinasti.

Pada saat kematiannya pada usia 88 tahun, Raja Bhumibol, yang juga dikenal sebagai Rama IX, adalah kerajaan terpanjang di dunia dan salah satu yang paling dihormati. Selama tujuh dasawarsa di atas takhta, ia membantu membimbing sebuah negara yang rentan terhadap kudeta dan kejengkelan dalam kekerasan politik.

Kremasi, yang akan dimulai pada pukul 10 malam di Bangkok, dianggap sebagai bab penutup dalam sebuah perjalanan yang akan mengembalikan raja ilahi ke Gunung Meru yang mistis, jantung surgawi wilayah Buddha dan Hindu.

Batu bara tersebut akan dinyalakan oleh anaknya, Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun, yang penobatannya secara resmi diperkirakan akan segera menyusul setelah kremasi ayahnya.

Royal palanquins dan sebuah kereta emas telah disiapkan untuk upacara kremasi lima hari, yang menyusun tradisi spiritual berusia 600 tahun. Pada hari Jumat, abu dan tulang raja akan diangkut ke Grand Palace dan Kuil Buddha Zamrud.

Di Bangkok, penduduk telah melipat lebih dari 10 juta bunga yang terbuat dari kayu cendana, yang baunya dipercaya untuk membimbing jiwa ke dunia maya.

Di dekat Grand Palace, puluhan ribu pelayat Thailand berbaris pada Rabu untuk mengamankan tempat mereka dekat dengan dasar kompleks kremasi, meskipun hujan deras.

"Perjalanan panjang dan cuaca buruk bukanlah halangan bagi saya," kata Sittichai Chumwangwapee, seorang guru dari Thailand timur laut.

"Raja pergi ke banyak tempat dan melalui banyak kesulitan daripada ini. Jadi, dibandingkan dengan apa yang harus dilakukan oleh raja kita yang terlambat, ini bahkan tidak mewakili sedikit pun kepahasaan Yang Mulia Raja Bhumibol alami selama pekerjaannya," katanya.

Seperempat juta orang diperkirakan akan memadati daerah sekitar tempat pemakaman, sementara yang lain dapat berkumpul di 85 retakan kremasi replika yang didirikan di seluruh negeri. Pada Kamis, setiap saluran televisi Thailand akan menyiarkan upacara tersebut secara langsung.

"Bahkan jika sudah setahun sejak dia lewat, saya masih menangis," kata Amornrat Werakan, 57, seorang pemilik bisnis yang telah tiba dari Thailand tengah pada hari Rabu untuk mencoba menyaksikan prosesi kremasi tersebut.

"Ini adalah kerugian yang sangat signifikan, seperti kehilangan orang yang paling penting dalam hidup saya," ungkapnya.

Sejak kematian Raja Bhumibol, jutaan orang Thailand membatasi pakaian mereka menjadi hitam dan putih. Dengan kremasinya yang akan datang, situs web Thailand dan stasiun televisi juga dilucuti dari konten dan program mereka.

Potret Raja Bhumibol, tergantung di sebagian besar ruang publik dan rumah pribadi. Pusat perbelanjaan telah memainkan komposisi jazz untuk raja oleh seorang saksofon.

Terakhir kali Thailand mengirim seorang raja ke Gunung Meru pada 1950, setelah kakak laki-laki almarhum, Ananda Mahidol, meninggal karena tembakan di istana empat tahun sebelumnya. Negara tersebut, dikenal dengan nama Siam, baru saja dinamai Thailand dan masih merupakan daerah terpencil tropis sawah dan kanal.

Saat ini, Thailand menempati urutan sebagai pusat manufaktur regional dan tujuan pariwisata global. Namun, selama tahun lalu, ekonomi yang dipimpin ekspor telah mengalami penurunan belanja konsumen karena masa berkabung nasional.

Sementara pemerintahan Raja Bhumibol yang lama dipandang sebagai pengaruh selama suatu era ketika negara tersebut mengayuh melalui 30 perdana menteri, kremasinya datang pada saat ketidakpastian politik di Thailand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement