Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Jerman Tolak Akui Kemerdekaan Katalunya

Sabtu 28 Oct 2017 11:07 WIB

Red: Elba Damhuri

Bendera Katalan (ilustrasi)

Bendera Katalan (ilustrasi)

Foto: The Guardian

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Jerman mendukung Pemerintah Spanyol dalam persengketaan Madrid dengan para prokemerdekaan di Katalunya.  Jerman menyatakan tidak akan mengakui kemedekaan hasil pemungutan suara oleh parlemen Katalunya.

Juru bicara Pemerintah Jerman Steffen Seibert mengatakan Berlin memperhatikan perkembangan situasi tersebut dengan keprihatinan. Pemerintah Jerman menganggap bahwa pernyataan kemerdekaan secara sepihak merupakan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip kedaulatan dan kesatuan wilayah Spanyol.

Pemerintah Spanyol pada Jumat menerapkan pemerintahan langsung terhadap Katalunya, menggugurkan status ekonomi wilayah itu kurang dari satu jam setelah Parlemen Katalunya menyatakan kemerdekaan wilayah tersebut.

"Pemerintah Jerman tidak mengakui pernyataan kemerdekaan seperti itu," kata juru bicara itu, Jumat (27.10).

Ia menambahkan bahwa Berlin mendukung "sikap jelas" Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy dalam upayanya mengembalikan ketertiban ketenangan dan ketertiban. "Kami berharap bahwa semua pihak terkait akan memanfaatkan kemungkinan yang masih ada untuk melakukan dialog dan menurunkan ketegangan," tambah sang juru bicara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA