Ahad 29 Oct 2017 03:09 WIB

Pemerintah Spanyol Minta Puigdemont Ikuti Pemilu Katalunya

Carles Puigdemont.
Foto: EPA-EFE/JORDI BEDMAR
Carles Puigdemont.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pemerintah Spanyol mengatakan, akan menyambut baik jika presiden Katalunya yang dipecat, Carles Puigdemont, mengikuti pemilihan di wilayah itu yang akan diselenggarakan pada Desember.

Juru bicara pemerintah Spanyol, Inigo Mendez de Vigo mengatakan dalam wawancara dengan Reuters TV bahwa jika Puigdemont ingin terus berkiprah di politik, yang merupakan haknya, dia perlu menyiapkan diri untuk pemilu berikutnya.

Sebelumnya pada Sabtu, Puigdemont mendesak kalangan demokratik untuk menentang pengambilalihan pemerintahan Katalunya oleh Madrid, menyusul pernyataan kemerdekaan wilayah itu.

"Saya sangat yakin bahwa kalau Puigdemont mengambil bagian dalam pemilihan ini, ia bisa menjalankan oposisi demokrasi ini," kata Inigo.

Setelah membubarkan parlemen Katalunya dan memecat pemerintahan wilayah itu pada Jumat, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan bahwa pemilihan baru akan dilangsungkan di Katalunya pada 21 Desember.

Mendez de Vigo juga mengatakan, ia percaya bahwa kepolisian wilayah Katalunya akan mematuhi hukum setelah pemerintah pusat memecat para pejabat daerah.

Ia mengatakan jika Puigdemont menolak meninggalkan kantornya, pemerintah akan bertindak secara "cerdas dan dengan akal sehat".

Ketika ditanya apa yang akan terjadi jika Puigdemont harus dibawa ke pengadilan, Mendez menjawab bahwa di Spanyol kekuasaan peradilan terpisah dari kekuasaan politik dan bahwa tidak ada seorang pun yang berada di atas hukum.

sumber : Antara/Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement