Selasa 26 Dec 2017 11:58 WIB

Forum PyeongChang Usung Winter Olympic Ramah Lingkungan

Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korsel.
Foto: Wikipedia
Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korsel.

REPUBLIKA.CO.ID,PYEONGCHANG, KOREA SELATAN -- Forum PyeongChang resmi diluncurkan di Korea Selatan. Forum ini akan dimulai pada 7 Februari 2018, atau dua hari sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin ke-23 di PyeongChang, Korea Selatan.

Forum ini akan menghadirkan para ilmuwan terkemuka di bidang ilmu bumi dan pendidikan di Seoul, untuk mendiskusikan persoalan lingkungan dan juga Sasaran Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN Sustainable Development Goals).

”Inisiasi ini adalah pertemuan tahunan yang dirancang untuk mendorong dialog global mengenai perlunya perlindungan atas bumi dan lingkungannya,” ujar Ilmuwan Korea terkemuka, Dr. Lee Sang-Mook yang menjabat sebagai Ketua Komite Persiapan Forum PyeongChang.

Lee Sang-Mook mengatakan, forum ini merupakan bagian dari langkah penyelenggara Olimpiade yang bertekad menjadikan Olimpiade Musim Dingin 2018 ini sebagai tempat yang paling ramah lingkungan dan akan melanjutkan pekerjaan lingkungan melalui Forum PyeongChang.

“Kita semua adalah warga negara global yang terhubung melalui olahraga, budaya, dan pendidikan,” ujarnya.

 Tema Olimpiade kali ini adalah “Cakrawala Baru untuk Keberlanjutan (New Horizons for Sustainability).

Tema ini sangat diperhatikan selama periode persiapan, sehingga menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah, konstruksi bangunan dan infrastruktur “hijau”. Termasuk kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Seoul dengan PyeongChang.

“Olimpiade PyeongChang memperlihatkan bahwa acara olahraga dan hiburan yang paling ambisius dan populer sekali pun bisa ramah lingkungan,” kat Lee.

Selepas Olimpiade, fasilitas yang ramah lingkungan ini akan menjadi bagian dari pusat pariwisata dan olahraga kelas dunia bagi penduduk seluruh Asia. Penduduk di kawasan ini akan memiliki pusat rekreasi dan hiburan hingga bertahun-tahun ke depan.

“Forum PyeongChang mengingatkan kita bahwa upaya untuk menjaga bumi dan lingkungan harus dilakukan terus-menerus. Bukan sekadar dirayakan satu kali saja, seberapa pun megahnya perayaan itu selama Olimpiade,” kata Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement