Rabu 10 Jan 2018 13:18 WIB

Koala Lawson Rayakan Ulang Tahun ke-16

Koala Lawson sedang menikmati masa pensiunnya di Australia Zoo.
Foto: ABC
Koala Lawson sedang menikmati masa pensiunnya di Australia Zoo.

REPUBLIKA.CO.ID, BRISBANE -- Lawson si koala baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-16 tapi dia bukan remaja. Marsupial asli Australia ini telah hidup lebih lama daripada koala lain yang bisa diharapkan di alam liar.

Lawson lahir di penangkaran di Kebun Binatang Australia di Queensland pada 2002. Di tahun yang sama pengasuh pertamanya Amanda Cole mulai merawat marsupial asli ini di taman margasatwa tersebut.

"Saya mulai [bekerja] di kebun binatang saat Lawson masih seekor bayi di kantung ibunya, jadi saya dapat melihat perkembangan itu bersama dia dan ibunya dan berpartisipasi dalam penanganan dan pelatihannya seiring dia berangkat dewasa. Saya sudah lama jatuh cinta dengan koala ini" katanya.

petugas kebun binatang wanita menggendong koala bernama Lawson menghadap kamera
Amanda Cole mulai merawat Lawson sejak dia masih bayi kecil dan tinggal di kantung ibunya.

Supplied: Australia Zoo

Amanda Cole, yang sekarang menjadi kurator kebun binatang dan manajer operasi mengatakan, Lawson merayakan ulang tahunnya yang ke-16 dikelilingi penangan terdekatnya. "Kami mengadakan pesta kecil untuknya, menawarkan beberapa spesies daun yang benar-benar lezat untuk dimakan dan memberinya lebih banyak perhatian. Sebagai koala muda Lawson selalu benar-benar santai, tapi seiring bertambahnya usia dia menjadi sedikit lebih siap dalam caranya sehingga dia lebih memilih memiliki rutinitas standar dari hari ke hari. Begitu dia mendapatkan daun, disitulah dia akan sangat bahagia," katanya.

Usia koala bisa berlipat ganda di penangkaran

Pada usia 16 tahun, Lawson dianggap telah berusia senja. "Saya pikir Anda akan menganggap dia berusia akhir 80-an jika dibandingkan manusia," kata Amanda Cole.

Koala di alam bebas hidup antara 10 dan 12 tahun. Tanpa menghadapi ancaman dari predator atau kelangkaan makanan, koala yang dibesarkan di penangkaran bisa bertahan selama satu dekade lagi.

Rumah Sakit Koala di Port Macquarie mengklaim memegang rekor dunia untuk koala tertua dengan bernama ‘Birthday Girl’, seekor koala betina berusia 25 tahun yang meninggal pada 2011. Namun situs Guinness World Records mencantumkan koala bernama Sarah berusia 23 tahun - yang meninggal di Sanctuary Lone Pine Koala di Queensland pada 2001 sebagai koala yang tertua di penangkaran.

"Kami memiliki koala betina yang berumur antara 20-an dan kami memiliki koala jantan yang hidup sampai usia 19 tahun," kata Cole.

Lawson berulang tahun ke-16
Petugas kebun binatang di Australia Zoo menggelar pesta untuk ulang tahun Lawson yang ke-16.

Supplied: Australia Zoo

"Dengan cara hidup yang dilakoni [Lawson] saat ini, kami merasa cukup yakin dia masih punya beberapa tahun yang baik tersisa di dalam dirinya. Untuk usianya dia dalam kondisi yang luar biasa," ujarnya.

Memasuki masa pensiun

Meskipun hidup sendiri dan menghargai rutinitas yang stabil di usia tuanya, Lawson masih menemani pengasuhnya ke taman setiap saat untuk membantu mereka menyebarkan pesan tentang konservasi koala. Tahun lalu World Wildlife Foundation memperingatkan populasi koala berisiko punah di Queensland dan New South Wales jika pembersihan semak belukar terus berlanjut.

Koala terdaftar sebagai hewan yang rentan di Queensland, NSW dan ACT. Amanda Cole mengatakan Kebun Binatang Australia masih mengikuti filosofi konservasi pendirinya, Steve Irwin.

"Steve selalu percaya jika Anda bisa membuat orang dekat dan intim dengan hewan, mereka akan jatuh cinta pada mereka dan karena itu mereka ingin menyelamatkan hewan-hewan itu," katanya.

Petugas yang mengurus hewan-hewan memastikan koala menyelesaikan pekerjaan konservasi mereka dan memasuki masa pensiun dengan memiliki kehidupan yang nyaman, termasuk melumatkan terlebih dahulu makanan mereka dan menata ulang kandang mereka.

"Salah satu hal terbesar yang kami perhatikan berkaitan dengan koala-koala kami yang berusia lanjut adalah keausan gigi, jadi mungkin itu masalah terbesar yang mereka hadapi," kata Amanda Cole.

"Dan karena gigi yang aus ini maka membuat sedikit sulit saat digunakan untuk secara efektif menggiling daun yang benar-benar berat yang mereka makan setiap hari. "Jika diperlukan, kami benar-benar akan memberi mereka suplemen pasta daun dan itu hanya untuk membantu menjaga kondisi tubuh yang benar-benar baik saat mereka menua."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/koala-lawson-berulang-tahun-ke-16/9316916
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement