Jumat 02 Mar 2018 04:11 WIB

Walmart Naikkan Batas Usia Minimum Beli Senjata di AS

Barang yang menyerupai senapan dihapus dari laman penjualan daring Walmart.

Red: Nur Aini
Raksasa ritel Amerika Serikat Walmart
Raksasa ritel Amerika Serikat Walmart

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Walmart Inc menaikkan batas usia minimum untuk dapat membeli senjata api dan peluru menjadi 21 tahun.

Dari laman resminya, pengecer Amerika Serikat itu juga menghapus barang menyerupai senapan serbu, termasuk senjata "airsoft", dan mainan tidak mematikan. Pembantaian di sekolah menengah di Florida pada dua pekan lalu membuka kembali perdebatan sengit mengenai pengendalian senjata di Amerika Serikat.

Sementara itu, siswa dan guru kembali ke kelas untuk pertama kali sejak pria bersenjata membunuh 17 orang di sekolah menengah Florida tersebut pada dua pekan lalu. Marjory Stoneman Douglas High School di Fort Laundedale, wilayah pinggiran Parkland, dijadwalkan membuka kembali pintunya pada pukul 7:40 pagi waktu setempat selama setengah hari.

Anggota parlemen negara bagian mempertimbangkan rancangan undang-undang untuk membiayai upaya pembongkaran Bangunan 12, yang dikenal luas sebagai gedung siswa baru. Lalu menggantinya dengan monumen peringatan bagi korban pembantaian 14 Februari.

Remaja selamat dari pembantaian tersebut meluncurkan upaya luar biasa dipimpin siswa untuk melobi anggota parlemen di Capitol Hill dan Statehouse di Tallahassee terkait pembatasan senjata api. Tapi banyak yang mengungkapkan keraguan mendalam tentang kembali ke lokasi penembakan massal yang menempati urutan kedua aksi kekerasan senjata paling mematikan di sebuah sekolah umum Amerika.

Seorang mantan siswa Stoneman Douglas, Nikolas Cruz, 19 tahun, yang menurut pihak berwenang telah dikeluarkan tahun lalu telah didakwa melakukan 17 tuduhan pembunuhan berencana. Cruz dijadwalkan kembali ke pengadilan pada Rabu.

Dia dituduh melakukan penembakan dengan sebuah senjata semi otomatis AR-15 yang dia beli secara legal dari penjual senjata berizin tahun lalu, saat berusia 18 tahun.

Penembakan itu membuat debat nasional antara upaya pembatasan lebih ketat senjata api dan dukungan untuk melestarikan hak kepemilikan senjata dalam Amandemen Kedua Konstitusi Amerika Serikat. Selain itu, penembakan menimbulkan pertanyaan tentang peran penegak hukum dalam kejadian menjelang pembantaian itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement