Ahad 04 Mar 2018 18:56 WIB

Israel Semprotkan Herbisida di Lahan Pertanian Gaza

Bahan kimia dalam herbisida itu menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Agus Yulianto
Pertanian Gaza (Ilustrasi)
Foto: btselem.org
Pertanian Gaza (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA - Pejabat Kementerian Pertanian Palestina, Nizar al-Wahedi, mengatakan sebuah pesawat Israel telah menyemprotkan herbisida pada Ahad (4/3). Penyemprotan dilakukan di lahan pertanian di sepanjang perbatasan Israel dengan Jalur Gaza.

"Bahan kimia ini menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian dan membahayakan lahan pertanian," kata al-Wahedi kepada kantor berita Anadolu.

Dia mengatakan, Kementerian Pertanian Palestina tidak mengetahui komposisi bahan kimia herbisida yang disemprotkan Israel ke tanah Palestina tersebut. "Israel tidak memiliki hak untuk menyemprot herbisida di lahan pertanian Palestina," ungkap al-Wahedi.

Namun LSM Israel, Gisha, kemudian menjelaskan tujuan penyemprotan herbisida yang dilakukan oleh pesawat negara mereka. Menurut Gisha, operasi tersebut dilakukan untuk menyingkirkan rumput yang tidak dibutuhkan di sepanjang perbatasan dengan wilayah Palestina.

Sebanyak 44 ribu warga Palestina bekerja di bidang pertanian, yang menghasilkan sekitar 11 persen angkatan kerja di wilayah ini. Gaza, yang memiliki penduduk lebih dari dua juta orang, selama ini tertekan di bawah blokade Israel dan Mesir yang melumpuhkan sejak 2007.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement