Senin 05 Mar 2018 21:25 WIB

Mendagri Australia Temui Jokowi Sampaikan Undangan

Presiden Jokowi diundang hadiri ASEAN-Australia Summit.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Australia Peter Dutton menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Presiden, Senin (5/3) hari ini. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam kunjungan tersebut, Peter Dutton menyampaikan undangan dari Perdana Menteri Malcolm Turnbull untuk menghadiri KTT ASEAN-Australia.

"Tadi Mr Peter Dutton melakukan kunjungan kehormatan kepada bapak Presiden sekali lagi sampaikan undangan PM Turnbull kepada bapak Presiden untuk hadir dalam ASEAN-Australia Summit di pertengahan bulan ini," kata Menlu Retno di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (5/3).

Menurut Retno, Presiden Jokowi pun akan menghadiri acara tersebut serta melakukan sejumlah pertemuan bilateral membahas sejumlah isu dengan PM Turnbull. Dalam kunjungan kehormatan ini, Peter Dutton juga memperkenalkan dirinya kepada Jokowi.

Kunjungannya ke Indonesia ini merupakan kunjungan yang pertama sejak ia dilantik sebagai Mendagri Australia. Ia pun juga menjelaskan kepada Jokowi tugas dan wewenangnya sebagai Mendagri.

"Jadi intinya adalah memperkenalkan diri karena portofolionya baru dan di bawah portofolio tersebut Peter memiliki tanggung jawab antara lain terkait dengan masalah security intelijen organization yang ada di bawah Kemendagri, polisi, Australian border forces, Australian criminal intelijen commision, dan terkait masalah counter terrorism," kata Retno.

Dalam pertemuan itu, Presiden tak hanya didampingi oleh Menlu Retno Marsudi, tetapi juga Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement