Jumat 23 Mar 2018 07:47 WIB

Mussolini Dirikan Partai Fasis di Italia Hari Ini pada 1919

Mussolini menjadi pemimpin diktator Italia dan bergabung dengan Nazi Jerman.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini
Benito Mussolini
Foto: AP
Benito Mussolini

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Benito Mussolini, veteran Perang Dunia I dan penerbit surat kabar Sosialis, memutuskan untuk keluar dari partai Sosialis Italia. Ia kemudian mendirikan partai Fasci di Combattimento, pada 23 Maret 1919.

Nama partai ini diambil dari revolusi petani Italia 'Fighting Bands' dari abad ke-19. Partai yang dikenal sebagai partai Fasis tersebut adalah organisasi sayap kanan baru Mussolini yang mendorong ideologi nasionalisme Italia. Dilansir dari History, dengan seragam berwarna hitam, partai tersebut mengeluarkan program intimidasi terhadap lawan-lawannya dari sayap kiri.

Pada Oktober 1922, Mussolini memimpin kaum Fasis dalam melakukan unjuk rasa di Kota Roma. Raja Emmanuel III, yang hanya mendapatkan sedikit kepercayaan dalam pemerintahan parlementer Italia, kemudian meminta Mussolini untuk membentuk pemerintahan baru.

Awalnya, Mussolini, yang diangkat sebagai perdana menteri di kabinet Fasis yang beranggotakan tiga orang, dapat bekerja sama dengan parlemen Italia. Namun setelah didukung oleh organisasi kepolisiannya yang brutal, ia kemudian menjadi seorang diktator di Italia.

Pada 1924, serangan Sosialis berhasil ditekan di negara tersebut. Pada Januari 1925 sebuah negara Fasis secara resmi diproklamasikan, dengan Mussolini sebagai Il Duce, atau 'pemimpin.'

Mussolini meminta mantan sekutu Barat untuk membuat perjanjian baru dengan Italia. Namun, invasi brutalnya di Ethiopia pada 1935 mengakhiri semua harapan persekutuan dengan negara-negara demokrasi Barat.

Pada 1936, Mussolini akhirnya bergabung dengan pemimpin Nazi Adolf Hitler setelah ia memberikan dukungan terhadap pasukan Nasionalis Francisco Franco di Perang Saudara Spanyol. Hal itu mendorong penandatanganan perjanjian kerja sama dalam kebijakan luar negeri antara Italia dan Nazi Jerman pada 1937.

Meskipun revolusi Nazi Adolf Hitler terjadi setelah kebangkitan Mussolini dan Partai Fasis Italia, Partai Fasis Italia, dan Il Duce justru sangat lemah dalam aliansi antara Roma-Berlin selama Perang Dunia II.

Pada Juli 1943, kegagalan perang Italia dan invasi yang dilakukan sekutu Barat di tanah Italia, menyebabkan terjadinya pemberontakan di dalam partai Fasis. Dua hari setelah jatuhnya Palermo pada 24 Juli, Dewan Tertinggi Fasis menolak kebijakan yang didiktekan oleh Hitler melalui Mussolini.

Pada 25 Juli Il Duce ditangkap. Marsekal Fasis Pietro Badoglio kemudian mengambil alih tampuk pemerintahan Italia. Pada September, Italia menyerah tanpa syarat kepada sekutu Barat.

Delapan hari kemudian, pasukan komando Jerman membebaskan Mussolini dari penjaranya di Pegunungan Abruzzi. Dia dijadikan pemimpin boneka di Italia utara yang dikuasai Jerman.

Dengan runtuhnya Nazi Jerman pada April 1945, Mussolini ditangkap oleh partisan Italia. Pada 29 April, ia dieksekusi oleh regu tembak dengan pasangannya, Clara Petacci, setelah menjalani pengadilan militer singkat. Tubuh mereka dibawa ke Milan dan digantung di lapangan umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement