Ahad 25 Mar 2018 14:20 WIB

Rusia Gunakan Tumblr untuk Sebarkan Informasi Hoaks

Tumblr berhasil mengungkap akun kelompok siber Rusia yang pengaruhi Pemilu AS 2016.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Aplikasi Tumblr
Foto: Reuters
Aplikasi Tumblr

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Platform blogging Tumblr mengungkap kedok 84 akun yang digunakan oleh kelompok siber Rusia untuk mempengaruhi pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) 2016 silam. Tumblr mengatakan berhasil mengungkap keterlibatan kelompok siber Rusia ini pada akhir 2017.

Ini membantu penyelidikan pada Februari terhadap 13 orang yang terkait dengan Badan Riset Internet (IRA) yang berbasis di Rusia. "Kami menemukan bahwa akun tersebut digunakan sebagai bagian dari kampanye penyebaran informasi hoaks yang mengarah ke pemilihan AS 2016," menurut pernyataan Tumblr yang dikutip The Guardian, Ahad (25/3).

Baca juga, Inggris ajak negara Eropa Usir Agen Intelijen Rusia

 

Perusahaan itu menjelaskan bahwa pihaknya bekerja di belakang layar dengan Departemen Kehakiman AS. Mereka bekerja dengan memberitahu penegak hukum, mengakhiri akun, dan menghapus postingan yang berkaitan dengan informasi hoaks tersebut.

Tumblr merasa saat ini pihaknya bebas untuk mengungkapkan apa yang terjadi. Dan juga mengungkapkan langkah-langkah untuk melindungi platform-nya terhadap penyebaran informasi hoaks lebih lanjut.

"Kami akan memberi tahu melalui email siapa saja yang suka, me-reblog, membalas, atau mengikuti akun terkait IRA dengan daftar nama pengguna yang mereka gunakan," ujarnya.

Pihaknya juga mencantumkan 84 nama pengguna yang terkait kelompok provokator dunia maya asal Rusia. Sehingga pengguna bisa melihat apakah mereka berinteraksi dengan entitas yang bersangkutan.

"Kami berkomitmen terhadap transparansi dan ingin Anda mengetahui semua yang kami ketahui," kata pernyataan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement