Jumat 30 Mar 2018 06:32 WIB

Putra Mahkota Saudi Temui Organisasi Pro-Israel di AS

Organisasi ini telah menyumbangkan jutaan kepada pembangunan permukiman ilegal Israel

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Putra Mahkota Mohammed bin Salman.
Foto: AP
Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, dikenal dengan nama MBS, telah bertemu dengan para pemimpin dari sejumlah organisasi Yahudi sayap kanan selama turnya ke Amerika Serikat (AS). Kelompok-kelompok tersebut, yang telah menyumbangkan jutaan kepada pembangunan permukiman ilegal dan perjuangan melawan gerakan BDS (Boikot, Divestasi dan Sanksi), termasuk pejabat dari AIPAC, Stand Up for Israel (ADL) dan Federasi Yahudi Amerika Utara (JFNA).

Menurut salinan dari rencana perjalanannya, media Haaretz melaporkan bahwa MBS juga bertemu dengan para pemimpin dari Konferensi Presiden, B'nai B'rith dan Komite Yahudi Amerika (AJC). AIPAC, ADL dan JFNA telah lama menargetkan BDS, gerakan non-kekerasan yang berusaha untuk secara ekonomi menekan Israel agar memberikan hak yang sama dan hak untuk kembali ke Palestina.

Beberapa kelompok pro-Israel AS telah menghabiskan jutaan dolar untuk melobi untuk Memerangi UU BDS, sebuah RUU yang berusaha untuk melumpuhkan BDS. Sementara itu, JFNA memberikan hampir 6 juta dolar AS untuk pemukiman ilegal Israel antara tahun 2012 dan 2015.

JFNA mendukung sejumlah permukiman di Jalur Hijau (perbatasan yang memisahkan pra-1967 Israel dari Wilayah Pendudukan Palestina), dan membantu keluarga Yahudi yang dicurigai atau dihukum karena kekerasan terhadap warga Palestina. Sementara Arab Saudi tidak secara resmi mengakui Israel, para analis telah berulang kali mengatakan tawaran oleh MBS menandakan membaiknya hubungan antara kedua negara.

Mahjoob Zweiri, direktur Program Studi Teluk di Universitas Qatar, mengatakan kunjungan MBS adalah kampanye PR yang bertujuan untuk mewakili wajah baru kerajaan ke AS, yang fleksibel dan mau berubah. "Ada pemahaman lama dari para pemimpin Arab bahwa gerbang Washington DC dijaga oleh para pemimpin pro-Israel. Ini termasuk para pemimpin bisnis, kelompok-kelompok seperti AIPAC dan lainnya yang terkait dengan Israel," kata Zweiri seperti diberitakan Aljazirah, Jumat (30/3).

"MBS mengikuti tren itu, dia mencoba ke pengadilan AS dan menunjukkan kepada mereka bahwa dia mendukung rencana mereka untuk Israel-Palestina dan keputusan mereka untuk memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem," jelas Zweiri.

Menurut Zweiri, ketika Partai Republik berkuasa, secara luas diyakini mereka memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Israel dan agenda-agenda Israel. "Kesepakatan abad ini yang dilakukan Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, juga bisa melihat normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel, dan memaksa Palestina untuk menyetujui tuntutan Israel," jelasnya.

Sebagai bagian dari tur dua minggu, MBS telah bertemu Bill dan Hillary Clinton, Senator Chuck Schumer, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mantan Menteri Luar Negeri Henry Kissinger, dan mantan Walikota New York, Michael Bloomberg. Dia diharapkan bertemu Oprah Winfrey, seorang maestro media dan pembuat opini utama di AS dalam beberapa hari mendatang.

Pertemuan media penting lainnya termasuk makan malam dengan Direktur CIA Rupert Murdoch, Mike Pompeo yang akan segera menjadi Sekretaris Negara, Wakil Presiden AS Mike Pence, Menteri Pertahanan James Mattis dan penasehat senior Trump sekaligus menantu laki-laki, Jared Kushner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement