Senin 09 Apr 2018 08:28 WIB

May Kunjungi Skandinavia untuk Umumkan Ancaman Global Rusia

AS tawarkan kehidupan baru kepada mantan agen rahasia Rusia Sergei Skripal.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Perdana Menteri Inggris Theresa May.
Foto: Richard Pohle/Pool via AP Photo
Perdana Menteri Inggris Theresa May.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Inggris Theresa May akan melakukan perjalanan ke negara-negara Skandinavia. Perjalanan itu, tak lain dan tak bukan untuk membicarakan apa yang dia sebut ancaman global dari Rusia di balik serangan agen saraf di Salisbury.

Perdana menteri itu akan melakukan kunjungan satu hari ke negara-negara Skandinavia. Negara-negara tersebut termasuk di antara 28 negara yang telah mengusir diplomat Rusia dengan latar belakang agen intelijen sebagai tanggapan atas insiden Salisbury.

Menurut laporan The Guardian, Senin (9/4), May akan membahas kerja sama bilateral mengenai masalah-masalah seperti keamanan dan pertahanan dengan Perdana Menteri Denmark Lars Lkke Rasmussen, dan Perdana Menteri Swedia Stefan Lfven. Selain itu mereka juga akan membahas Brexit dan perdagangan.

Sementara itu, telah muncul bahwa korban serangan, yakni mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia, dapat ditawarkan identitas baru dari salah satu negara-negara Five Eyes. Five Eyes adalah kemitraan berbagi-intelijen yang mencakup Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Laporan menyebutkan bahwa dinas keamanan telah melakukan diskusi dengan para pejabat di CIA tentang menawarkan Skripal kehidupan baru di AS.

Rumah sakit tempat Skripal dirawat mengatakan pada Jumat bahwa mereka berdua sedang dalam pemulihan. Kesaksian mereka dapat menjadi penting dalam membangun kredibilitas klaim pemerintah, bahwa sangat mungkin Rusia bertanggung jawab atas serangan terhadap mereka.

Yulia diperkirakanakan segera keluar dari rumah sakit. Dia belum menanggapi permintaan dari Rusia untuk mengirim staf konsulat untuk mengunjunginya. Ada diskusi tingkat tinggi tentang masa depannya di tengah kekhawatiran akan keselamatannya jika dia kembali ke Rusia.

"Tempat yang jelas untuk memukimkan kembali mereka adalah di Amerika, karena mereka cenderung untuk dibunuh di sana dan lebih mudah untuk melindungi mereka di sana di bawah identitas baru," kata sumber intelijen kepada Sunday Times.

Namun, sepupu Yulia, Viktoria Skripal, yang oleh beberapa pejabat dikhawatirkan sedang dimanipulasi oleh Kremlin, mengatakan bahwa perempuan Rusia berusia 33 tahun itu putus asa untuk kembali ke Moskow untuk menemui keluarganya. Viktoria, yang dikonfirmasi oleh Home Office telah ditolak visanya untuk mengunjungi Inggris.

"Dia memiliki anjing di sini, dia memiliki kehidupan di sini, dia telah bekerja di sini, dan orang yang dicintai di sini," kata Viktoria.

John Glen, anggota parlemen dan menteri perbendaharaan Salisbury, mengatakan: "Karena perlakuannya yang mengerikan di tangan negara Rusia, saya akan dengan hangat menyambut tawaran suaka kepada Yulia Skripal."

Pemerintah Rusia dan Inggris terus saling menyalahkan tentang siapa yang berperan atas keracunan Skripal bulan lalu. Pada Ahad, Boris Johnson menuduh Kremlin dan media milik negara Rusia menciptakan 29 teori berbeda tentang serangan Salisbury.

"Tidak ada pemerintah lain yang mencurahkan banyak waktu dan upaya untuk usaha mencoba menyabotase atau mendiskreditkan permintaan internasional," kata menteri luar negeri itu.

Pejabat menolak permintaan dari kedutaan Rusia untuk pertemuan dengan Johnson untuk membahas keracunan. Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, kedutaan mengatakan bahwa transaksi dengan Inggris tentang masalah ini "sama sekali tidak memuaskan".

Kantor Luar Negeri menegaskan bahwa permintaan telah diterima, tetapi seorang juru bicara membantah bahwa itu adalah respons Rusia terhadap insiden yang tidak memuaskan. Dia menuduh para diplomatnya tentang taktik pengalihan baru.

Strategi Kremlin adalah mengeksploitasi ketidakkonsistenan dalam kasus Inggris. Pekan lalu, mereka diserang karena kesalahan oleh Johnson, yang salah mengklaim bahwa fasilitas sains pemerintah di Porton Down secara pasti menghubungkan agen saraf ke Rusia. Menteri Luar Negeri itu memicu perselisihan sengit dengan Labour Party, pada Ahad, setelah menyerang Jeremy Corbyn sebagai si idiot Kremlin yang berguna.

Hanya ada satu hal yang memberi Kremlin bantuan dan meminjamkan kredibilitas palsu terhadap serangan propagandanya. Saat itulah politisi dari negara-negara yang dituju bergabung, tulis Johnson di Sunday Times.

 

"Sedihnya, saya terdorong pada kesimpulan bahwa Jeremy Corbyn telah bergabung dengan upaya ini. Sungguh dia adalah si idiot Kremlin yang berguna."

Partai Buruh Inggris menanggapinya dengan marah, mengklaim bahwa penghinaan konyol tidak akan mengalihkan perhatian dari tuduhan bahwa menteri luar negeri telah menyesatkan publik atas masalah keamanan nasional.

"Boris Johnson adalah idiot yang berguna bagi pemerintah karena apa yang dia lakukan adalah menciptakan situasi di mana dia telah bertentangan dengan bukti dan melampaui batas. Porton Down benar-benar jelas bahwa mereka tidak mengatakan apa yang dikatakan Boris Johnson," papar menteri pendidikan kabinet bayangan, Angela Rayner.

Dia menambahkan bahwa Johnson telah mendorong irisan yang memungkinkan Rusia untuk mengatakan ada keraguan mengenai bukti. "Saya pikir itu benar-benar berbahaya, bahwa kita telah mendapat seorang menteri luar negeri yang merongrong posisi pemerintahnya sendiri."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement