Jumat 08 Jun 2018 14:44 WIB

Kunjungan Moon ke Rusia Jadi yang Pertama Sejak 1999

Moon dan Putin akan membahas denuklirisasi Korut dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.
Foto: REUTERS/Jung Yeon-Je
Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dijadwalkan akan mengunjungi Rusia pada 23-25 Juni 2018. Hal ini terkait dengan undangan yang diberikan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Korsel.

Kunjungan Moon ke Rusia ini akan menjadi yang pertama antara presiden Korsel dan Rusia sejak 1999. Kedua pemimpin diperkirakan akan membahas sejumlah isu, antara lain, denuklirisasi oleh Korea Utara (Korut) dan perdamaian di Semenanjung Korea.

"Kami berharap pertemuan dengan Presiden Putin akan menambah kesempatan untuk menguatkan komunikasi dan kooperasi antara kedua negara di saat kedamaian sedang berkembang di Semenanjung Korea," kata perwakilan Kantor Kepresidenan Korsel, dikutip laman Reuters.

Sementara itu, persiapan pertemuan antara pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Amerika (AS) Serikat Donald Trump makin matang. Keduanya dijadwalkan bertemu di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, pada 12 Juni 2018 mendatang.

Sebelumnya, AS menegaskan, pihaknya akan terus mengupayakan denuklirisasi Korut. Para pejabat AS mengatakan, keputusan tersebut masih harus diputuskan oleh Kim.

"Saya pikir ini adalah pertemuan perkenalan dan bisa menjadi hal yang sangat positif," kata Trump, dilansir di CNN.

Pertemuan ini rencananya berlangsung selama satu hari. Namun, apabila berjalan baik, pertemuan ini dapat berlangsung selama dua hari. Hal tersebut dapat terjadi apabila baik Trump maupun Kim sama-sama memutuskan untuk melanjutkan diskusi.

Terkait hal tersebut, pejabat AS di Singapura telah melakukan persiapan untuk pertemuan hari kedua. Meskipun demikian, hingga saat ini secara resmi keduanya dijadwalkan hanya satu hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement