Selasa 24 Jul 2018 13:03 WIB

Lempari Panda dengan Batu, 4 Turis Dimasukkan Daftar Hitam

Pelemparan batu untuk menarik perhatian panda yang sedang beristirahat

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bilal Ramadhan
Panda raksasa Cina (ilustrasi)
Panda raksasa Cina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SHAANXI -- Empat turis di Cina masuk dalam daftar hitam cagar alam akibat melempari batu ke arah panda. Peristiwa yang terjadi pekan lalu itu terekam kamera pengawas dan terlihat mereka sedang melempari batu.

Di dalam video yang beredar, seorang pria terlihat membawa batu dan melemparnya ke arah panda dari balik kursi. Panda tersebut sedang beristirahat di bawah pohon, di Cagar Alam Foping, di Hanzhong, Provinsi Shaanxi.

Dikutip South China Morning Post, seorang saksi mata mengatakan panda tersebut terlihat tidak bergerak. Ia mengatakan, sekitar 20 orang sudah berkumpul untuk melihat panda tersebut pada Jumat siang.

Beberapa orang kemudian mulai meneriaki panda agar bergerak. Tak lama terlihat juga seorang pria berbaju putih mulai melempari panda tersebut menggunakan batu.

Akan tetapi, Manajer Pemasaran Cagar Alam Foping, Yan Xihai mengatakan pria tersebut bukan satu-satunya orang yang melempari panda dengan batu. Petugas keamanan kemudian masuk setelah sejumlah pengunjung melaporkan peristiwa pelemparan batu tersebut.

"Insiden ini terjadi di lokasi panda umumnya tidak datang, jadi kami tidak memiliki kamera pengintai yang dipasang di situ," kata Yan.

Empat turis tersebut langsung diberi peringatan oleh pihak cagar alam. Selanjutnya, mereka dimasukkan ke dalam daftar hitam cagar alam sehingga tidak dapat mengunjungi lokasi itu lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement