Jumat 03 Aug 2018 18:15 WIB

Cina dan Asia Tenggara Lakukan Latihan Maritim

Latihan ini untuk memperluas kerja sama saat negosiasi kode etik di Laut Cina Selatan

Rep: Marniati/ Red: Friska Yolanda
 HMAS Toowoomba, salah satu kapal perang Australia yang ditantang militer Cina di Laut Cina Selatan.
Foto: Royal Australian Navy
HMAS Toowoomba, salah satu kapal perang Australia yang ditantang militer Cina di Laut Cina Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Angkatan Laut Cina dan Asia Tenggara akan mengadakan latihan maritim pertama mereka pekan ini. Kementerian pertahanan Singapura pada Jumat (3/8) mengatakan latihan ini sebagai upaya untuk memperluas kerja sama saat proses negoisasi kode etik di Laut Cina Selatan dilakukan. 

Latihan simulasi yang dilakukan di Singapura melibatkan angkatan laut Cina dan 10 negara anggota  Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Simulasi di atas meja ini dilakukan menjelang latihan kelautan pertama yang diadakan di perairan Cina pada  Oktober mendatang.

"Pada akhir latihan, kami telah memperkuat kemampuan kami untuk bekerja sama. Kami telah mencapai pemahaman yang lebih besar di antara angkatan laut ASEAN dan angkatan laut PLA (Angkatan Laut Cina)," kata komandan pasukan Angkatan Laut Singapura 185 Skuadron Kolonel Lim Yu Chuan. 

Negara ASEAN dan Cina menyambut baik kemajuan dalam proses negoisasi kode etik di Laut Cina Selatan yang disengketakan. Cina dan beberapa anggota ASEAN saling mengklaim wilayah di perairan itu.

"Latihan angkatan laut ini membawa kerja sama Cina dengan Asia Tenggara ke tingkat yang baru. Kami akan menggunakan latihan ini sebagai titik awal untuk memperluas hubungan komunikasi dan keamanan militer Cina dan ASEAN, untuk bersama-sama menghadapi masalah keamanan dan untuk melindungi stabilitas kawasan itu," kata Menlu Cina  Wang Yi.

Angkatan Laut Cina juga berencana  bergabung dengan 26 negara dalam latihan militer di lepas pantai utara Australia bulan ini yang diselenggarakan oleh Canberra dan melibatkan Amerika Serikat.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement