Kamis 13 Sep 2018 15:08 WIB

Bayi Tikus Ditemukan dalam Sup, Saham Restoran Cina Anjlok

Foto tikus dalam mangkuk sup viral di dunia maya.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Tikus
Foto: Pixabay
Tikus

REPUBLIKA.CO.ID, WEIFANG -- Saham jaringan restoran ternama di Cina anjlok sekitar 190 juta dolar Amerika Serikat (AS).  Saham restoran Xiabu Xiabu mencapai pada level terendah dalam setahun belakangan setelah foto-foto bayi tikus mati di dalam kuah sup konsumen menjadi viral di dunia maya.

Tikus itu kemudian diangkat oleh pelanggan yang juga seorang ibu hamil memakai sumpit.  Cabang restoran yang berada di Weifang, Provinsi Shandong pun hingga kini telah ditangguhkan. Restoran tersebut menawarkan kompensasi kepada ibu hamil itu sekitar 729 dolar AS karena mendapati tikus mati dalam sajian-nya.

Menurut sumber berita lokal Kankan News, Ibu hamil, Ma menolak tawaran itu.  Ia ingin menjalani pemeriksaan seluruh tubuh di rumah sakit terlebih dulu, sebelum memutuskan jumlah kompensasi.

Saat insiden terjadi, Ma sedang makan bersama keluarga di restoran pada 6 September lalu. Ketika menyendok beberapa gigitan dari sajian sop, ia malah menyendok seekor bayi tikus.

"Salah satu staf menyarankan saya untuk melakukan aborsi jika khawatir soal kesehatan bayi dalam kandungan saya dan mereka menawarkan 20 ribu yuan untuk prosedurnya," ujar Ma, seperti dikutip BBC, Kamis (13/9).

Foto-foto tikus dalam sup itu dengan cepat menyebar di situs media sosial Cina, Weibo. Pengguna bereaksi dengan marah dan jijik. "Saya merasa ingin muntah, aku tidak akan pernah makan di luar (Resto) lagi," kata seorang pengguna Weibo.

"Xiabu Xiabu selalu menjadi salah satu restoran favorit saya, saya pikir mereka juga cukup bersih ... Saya tidak percaya ini," kata komentar yang lain.

"Jika sesuatu terjadi pada bayinya, bagaimana mereka akan memberi kompensasi padanya? Apakah hidup hanya bernilai 20.000 yuan?" kata satu orang bertanya.

Sementara, restoran Xiabu Xiabu telah mengeluarkan pernyataan pada Sabtu (8/9). Mereka membantah kurangnya kebersihan telah menyebabkan tikus berada di mangkuk. Namun belakangan perusahaan menghapus pernyataan-nya itu.

Pihak berwenang di kota Weifang, cabang restoran tempat tikus ditemukan, mengatakan mereka akan melakukan penyelidikan ke restoran Xiabu Xiabu.

Hotpot adalah sajian makanan umum di Cina dan di seluruh bagian lain di Asia. Panci sup panas yang mendidih ditempatkan di meja makan dan berbagai sayuran dan daging mentah kemudian ditempatkan di panci untuk dimasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement