Sabtu 10 Nov 2018 10:04 WIB

Tiga Bom Mobil Sasar Hotel Somalia, Ledakan Renggut 23 Nyawa

Kelompok Ash-Shabaab mengaku bertanggungjawab atas ledakan.

Red: Nur Aini
Bom mobil Somalia, ilustrasi
Foto: EPA-EFE/SAID YUSUF WARSAME
Bom mobil Somalia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Sedikitnya 23 orang tewas dan beberapa orang cedera pada Jumat (9/11), dalam tiga pemboman mobil di ibu kota Somalia, kata beberapa pejabat gawat darurat.

Abdullahi Mohamed, seorang perwira polisi di Mogadishu, mengatakan kepada Kantor Berita Anadolu bahwa tiga ledakan ditujukan ke Sahafi Hotel. Ledakan tersebut lalu diikuti oleh penembakan.

"Dua bom mobil bunuh diri ditujukan ke hotel itu, yang berada di dekat markas departemen penyelidikan. Beberapa menit kemudian satu bom lagi meledak," kata Mohamed.

Korban jiwa meliputi tentara, warga sipil dan pengusaha. Korban cedera segera dibawa ke rumah sakit.

Ahmad Zakariya, seorang pekerja pertolongan, mengatakan jumlah korban jiwa mencapai 23, termasuk sembilan anggota Ash-Shabaab. Menurut kantor berita Somalia, enam penyerang tewas oleh pasukan keamanan, sementara tiga pembom bunuh diri meledakkan diri mereka.

Sahafi Hotel adalah hotel terkenal yang berada di jalan sibuk KM4 dan sering dikunjungi pejabat Pemerintah Somalia. Kelompok gerilyawan Ash-Shabaab, yang berpusat di Somalia, mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu.

Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) dengan keras mengutuk serangan tersebut, dan kembali menyampaikan sikap yang menentang "semua bentuk terorisme dan ekstremisme dengan kekerasan".

Sekretaris Jenderal OIC Yousef Al-Othaimeen mengatakan OIC "memiliki solidaritas dengan Pemerintah Somalia dalam perangnya melawan terorisme"

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement