Kamis 29 Nov 2018 00:05 WIB

Trump Ancam 'Shutdown' Pemerintah Federal AS

Trump ingin kongres menyetujui pendanaan pembangunan tembok perbatasan.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden AS Donald Trump.
Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Presiden AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan melakukan shutdown atau menutup sementara pemerintahan federal jika Kongres tidak mendanai pembangunan tembok perbatasan AS- Meksiko. Ia meminta Kongres memberikan dana jaminan sebesar 5 miliar dolar AS.

Berbicara kepada Politico di Gedung Putih pada Selasa (27/11), Trump juga mengatakan permintaan dana sebesar 5 miliar dolar AS itu hanya untuk membangun penghalang fisik di perbatasan. Menurut dia, pendanaan tambahan akan diperlukan untuk keamanan perbatasan.

Baca juga, Ribuan Tentara AS Dikerahkan ke Perbatasan Meksiko.

Dalam sebuah wawancara terpisah dengan The Washington Post, Trump mengisyaratkan ia dapat menghindari shutdown pemerintahan dan membangun tembok perbatasan dengan memanfaatkan militer AS. Ia telah mengerahkan militer ke perbatasan AS-Meksiko bulan lalu untuk memasang kawat berduri dan pagar.

Anggota parlemen AS harus bertindak untuk mengeluarkan RUU pengeluaran anggaran pada 7 Desember guna mendanai beberapa lembaga pemerintah, termasuk Departemen Keamanan Dalam Negeri yang mengawasi perbatasan dan imigrasi.

Komentar itu disampaikan Trump kepada Politico dan The Washington Post di tengah pertemuan Gedung Putih pada Selasa (27/11) dengan anggota Partai Republik di House. Partai tersebut masih mengontrol House atau DPR AS sampai Partai Demokrat mengambil alih pada Januari mendatang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement