Sabtu 08 Dec 2018 18:46 WIB

Trump Calonkan Barr Jadi Jaksa Agung AS

Barr kerap mengkritik penyelidikan tentang keterlibatan Rusia.

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Donald Trump
Foto: AP
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, William Barr akan dicalonkan sebagai jaksa agung negara itu berikutnya. Menurut Trump, Barr akan memberi perubahan besar.

“Saya pikir dia akan melayani dengan perbedaan besar, Barr adalah orang hebat dan menjadi pilihan pertama saya sejak awal,” ujar Trump pada Jumat (7/12).

Ia mengatakan, Barr segera dinominasikan. Senat AS juga mengkonfirmasi bahwa Barr akan menggantikan pelaksana tugas Jaksa Agung  Matius Whitaker, setelah jabatan tersebut ditinggalkan oleh Jeff Sessions.

Seperti diketahui, Sessions mengundurkan diri di awal masa jabatan atas permintaan Trump. Barr pernah menjadi seorang jaksa agung AS pada 1991 hingga 1193, di bawah kepemimpinan mantan presiden George HW Bush.

Selama ini, ia kerap mengkritik aspek-aspek penyelidikan mengenai keterlibatan Rusia dalam pemilu di Negeri Paman Sam, termasuk menyatakan  bahwa Mueller mempekerjakan terlalu banyak jaksa yang telah menyumbang ke kampanye Partai Demokrat.

Barr merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas George Washington. Ia pernah bekerja di CIA pada 1970, hingga kemudian di Gedung Putih.

Pada 1989, H.W. Bush menunjuknya untuk memimpin Kantor Penasihat Hukum Departemen Kehakiman. Hingga kemudian diangkat menjadi wakil jaksa agung dan jaksa agung.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement