Ahad 10 Feb 2019 17:32 WIB

250 Kali Gempa Getarkan Filipina Selatan

Gempa diprakirakan tidak akan menimbulkan kerusakan.

Alat pendeteksi gempa
Foto: Wikipedia
Alat pendeteksi gempa

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Hampir 250 kali gempa terus menggetarkan sebuah kota kecil di Provinsi Surigao del Norte di Filipina selatan sejak Jumat (8/2). Gempa terus terjadi menurut  Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) hingga Ahad (10/2).

Sebuah gempa berkekuatan 5,5 Magnitudo yang muncul pada pukul 06.21 waktu setempat tercatat sebagai gempa terkuat pada Ahad. Gempa tersebut mengguncang bagian utara General Luna, yaitu sebuah kota di Provinsi Surigao del Norte, pada kedalaman 44 kilometer.

Phivolcs menambahkan bahwa sudah 60 gempa susulan yang tercatat pada Ahad. Gempa 5,9 Magnitudo pada Jumat pukul 07.55 setempat mengguncang bagian tenggara Kota General Luna pada kedalaman 19 kilometer. Pada Sabtu, General Luna juga digetarkan lebih dari 130 gempa.

Institut tersebut mengatakan getaran-getaran itu, yang berawal dari gempa tektonik, diperkirakan tidak akan menimbulkan kerusakan. Hingga Ahad sore, tidak ada laporan dari badan-badan penanggulangan bencana di Filipina soal kerusakan yang ditimbulkan gempa.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement