Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Dikecam Soal Pernyataan Anti-Israel, Ilhan Omar Meminta Maaf

Selasa 12 Feb 2019 10:43 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Muslimah di kongres AS, Ilhan Omar

Ilhan Omar.

Foto: AP
Ilham Omar meminta pihak lain yang menyerangnya karena Muslim juga melakukan serupa.

Namun mereka bukan satu-satunya organisasi yang memiliki kepentingan khusus di Washington. Karena banyak organisasi-organisasi serupa dari berbagai isu mulai dari aborsi, kontrol senjata api, perserikatan, energi, pertahanan, jaminan kesehatan dan lain sebagainya. Aipac pun menanggapi tuduhan Omar tersebut. 

"Upaya bipartisan kami mencerminkan nilai-nilai dan kepentingan Amerika," cuit Aipac di Twitter.

Omar bersama Rashida Talib menjadi perempuan Muslim pertama yang terpilih sebagai anggota Kongres. Sebelumnya ia sudah dikritik karena sering menyerang Israel.

Ia juga dikecam karena mendukung gerakan Boikot, Diinvestasi dan Sanksi (BDS) kepada Israel. BDS adalah gerakan untuk mengisolasi  ekonomi Israel agar mereka bersedia mengubah kebijakan terhadap Palestina.

Pada bulan lalu Omar juga meminta maaf karena mengatakan Israel 'menghipnotis' dunia. Kata-kata yang digunakan Nazi untuk membinasakan orang Yahudi di Eropa. Omar mengatakan. ia tidak tahu tentang konteks sejarah pernyataannya tersebut.

Partai Republik mengecam Omar atas pernyataan-pernyataannya tersebut. Tapi hujan kritikan justru datang dari partainya sendiri. Pelosi dan beberapa anggota partai Demokrat lainnya meminta Omar segera meminta maaf.

"Kritik terhadap kebijakan Israel sah dilindungi nilai-nilai kebebasan berbicara dan debat demokarasi Amerika Serikat dan Israel, tapi anggota Kongres Omar menggunakan isyarat anti-Semit dan prasangka yang sangat menyerang pendukung Israel," kata politisi partai Demokrat dalam pernyataan bersama mereka.  

Pernyataan tersebut ditanda tangani Majority Leader Steny Hoyer, Ketua Kaukus Demokrat Hakeem Jeffries, wakilnya Katherine Clark, Whip James Clyburn, dan Asisten ketua House of Representative Ben Ray Lujan. Pelosi juga mengatakan sudah berbicara dengan Omar tentang hal ini.

"Dalam pembicaraan kami hari ini, saya dan anggota Kongres Omar sepakat kami harus menggunakan momen ini untuk maju menolak segala bentuk anti-Semitisme," kata Pelosi di Twitter.

Ketua Komite Kehakiman House of Representative Jerry Nadler mengatakan kata-kata yang dipilih Omar 'sangat mengecewakan dan menjijikan'. Anggota Kongres Elaine Luria dan Josh Gottheimer merilis surat yang meminta pemimpin-pemimpin House of Representative untuk melawan segala bentuk anti-Semitisme   .

Surat tersebut memang tidak menyinggung Omar sama sekali. Tapi juga menyatakan pemimpim-pemimpin partai Demokrat harus menindak anggotanya yang membuat 'pernyataan tidak bertanggung jawab'. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA