Senin 11 Mar 2019 12:44 WIB

Pemadaman Listrik di Venezuela Semakin Parah

Pemerintah Venezuela menyalahkan AS atas pemadaman listrik yang berlangsung 4 hari.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Warga Venezuela memasuki Kolombia dengan menyeberangi jembatan internasional Simon Bolivar dari San Antonio del Tachira, Venezuela, Kamis (21/2). Rakyat Venezuela mengalami kelangkaan makanan dan obat-obatan.
Foto: AP Photo/Rodrigo Abd
Warga Venezuela memasuki Kolombia dengan menyeberangi jembatan internasional Simon Bolivar dari San Antonio del Tachira, Venezuela, Kamis (21/2). Rakyat Venezuela mengalami kelangkaan makanan dan obat-obatan.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Pemadaman listrik di Venezuela sudah memasuki hari keempat. Hal itu membuat rumah sakit tidak memiliki daya, makanan membusuk di pertokoan, dan rumah tangga kekurangan air.

"Makanan yang kami miliki di kulkas rusak, toko-toko tutup, tidak ada akses komunikasi bahkan sinyal telepon," kata salah satu warga Ana Cerrato yang berprofesi sebagai penjaga toko, seperti dilansir di Irish Independent, Senin (11/3).

Baca Juga

Pihak berwenang berusaha mengatasinya dengan menyediakan akses listrik sejak pemadaman terjadi. Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan pemadaman terjadi karena sabotase Amerika Serikat (AS).

Sementara oposisi mengatakan pemadaman terjadi karena ketidakmampuan pemerintah dan korupsi. Pemerintah Venezuela meliburkan sekolah dan menghentikan aktivitas bisnis tanpa memberikan kepastian kapan hal itu akan berakhir.

Pemadaman listrik terburuk dalam sejarah negara itu terjadi ketika pemerintah Maduro menghadapi hiperinflansi yang meruntuhkan perekonomian Venezuela. Hal itu juga memicu krisis politik setelah ketua badan legislatif Juan Guaido mendeklarasikan dirinya sebagai presiden sementara.

Masyarakat Chacao di Caracas membangun barikade untuk memprotes pemadaman listrik. Masyarakat Venezuela marah dengan kondisi yang mereka alami.

"Tidak ada negara yang bertahan lebih dari 50 jam tanpa listrik, kami butuh bantuan, kami dalam krisis kemanusiaan," kata Ana Cerrato.

Guaido mengkritik pemerintahan Maduro karena mereka gagal menjelaskan penyebab pemadaman listrik ini. "Sampai jam ini, setelah beberapa hari pemadaman rezim tidak memberikan alasan, tanpa memiliki diagnosis," kata Guaido.

Sementara itu dalam wawancara televisi Menteri Informasi Venezuela Jorge Rodriguez bersikeras pemerintah sedang berupaya mengatasi pemadaman ini. Tapi ia tidak menjelaskan penyebab pemadaman listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement