Jumat 10 May 2019 03:26 WIB

Kanada Sumbang Dana Kerawanan Pangan untuk Gaza

Dana sebesar 2,4 juta dolar AS itu diberikan kepada Program Pangan Dunia WFP.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Gita Amanda
Asap tebal terlihat di Gaza, Palestina, Ahad (5/5), setelah dihantan roket Israel.
Foto: AP Photo/Khalil Hamra
Asap tebal terlihat di Gaza, Palestina, Ahad (5/5), setelah dihantan roket Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, ONTARIO -- Pemerintah Kanada menyumbangkan dana sebesar 2,4 juta dolar Amerika Serikat (AS) kepada Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (WFP). Dana tersebut untuk mendukung 128 ribu warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang terpengaruh kerawanan pangan.

WFP rencananya akan menggunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi 91 ribu warga nonpengungsi di Gaza dalam bentuk voucher selama satu setengah bulan ke depan. Selain itu untuk 37 ribu warga badui dan penggembala yang rentan di Tepi Barat selama tiga bulan ke depan.

Baca Juga

“Kami berterima kasih atas komitmen Kanada memberikan bantuan makanan kepada orang-orang Palestina yang paling rentan. Bantuan pangan berkelanjutan sangat penting karena jumlah orang yang tidak aman makanan di Palestina sedang meningkat dengan orang-orang harus melewatkan makan, berutang dan mengandalkan dukungan dari tetangga dan teman,” kata perwakilan dan Direktur Negara WFP, Stephen Kearney seperti dilansir Maan News pada Jumat (10/5).

WFP telah membantu komunitas nonpengungsi di Gaza dan Tepi Barat yang paling terdampak karena kurangnya pekerjaan dan yang menerima upah kurang dari 1 dolar AS per hari untuk memenuhi kebutuhan dasar perumahan, pakaian, dan makanan.

Kearney mengatakan WFP akan menggunakan dana kontribusi tersebut untuk mengatur sesi nutrisi dan kesadaran kesehatan di mana keluarga dapat belajar bagaimana menyiapkan makanan sehat dan kaya vitamin. Selain itu perhatian khusus akan diberikan kepada ibu hamil dan menyusui serta pengasuh anak di bawah usia lima tahun.

“WFP adalah mitra lama dan tepercaya. Selain pekerjaan penting WFP yang memenuhi kebutuhan pangan dasar pria dan wanita miskin di Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Gaza, Kanada menghargai dampak WFP terhadap ekonomi lokal mempromosikan petani lokal, makanan pengolah, dan toko,” katanya.

Perwakilan Kanada untuk Otoritas Palestina, Douglas Scott Proudfoot, mengatakan bekerja dengan mitra seperti WFP yang memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan anak perempuan adalah prioritas utama bagi Kanada.

Berdasarkan ketentuan dalam rencana empat tahun di Palestina, WFP bertujuan untuk memberikan bantuan makanan kepada 360 ribu orang yang paling terpengaruh oleh kerawanan pangan, terutama di Gaza dan Area C di Tepi Barat. Sejak 2011, WFP telah menginvestasikan lebih dari 210 juta dolar Amerika Serikat ke dalam ekonomi Palestina melalui voucher makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement