Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Malaysia Sita Ribuan Penyu Selundupan di Bandara

Kamis 27 Jun 2019 17:04 WIB

Red:

abc news

abc news

Secara internasional siapa yang hendak membawa hewan ini harus memiliki izin.

Pihak berwenang di Malaysia berhasil mencegah penyeludupan lebih dari lima ribu anak penyu yang ditemukan dalam koper di bandara Kuala Lumpur. Petugas menemukan 5.255 penyu berkuping merah yang dimasukan ke dalam 32 keranjang kecil di dalam koper yang dibawa oleh dua warga negara India yang baru mendarat dari Guangzhou, China.

Menurut petugas pabean Malaysia Zulkarnian Mohamed Yusuf kedua pria ini terbang dengan Air Asia tanggal 20 Juni. Keduanya tidak memiliki izin untuk membawa penyu tersebut.

Menurut petugas, kedua pria itu mengatakan penyu-penyu yang diperkirakan berharga sekitar Rp 200 juta ini akan dijual di India sebagai binatang peliharaan. Pria berusia 30 serta 42 tahun itu akan dikenai dakwaan dan bila dinyatakan bersalah bisa dikenai hukuman penjara maksimal lima tahun.

Penyu berkuping merah merupakan penyu yang paling banyak diperjualbelikan untuk jadi binatang peliharaan atau dimakan. Secara internasional siapa yang hendak membawa hewan ini harus memiliki izin karena penyu muda ini berpotensi menyebarkan salmonela. Di Australia, penyu jenis ini merupakan ancaman bagi populasi penyu asli.

 

AP

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA