Senin 12 Aug 2019 13:13 WIB

Sejarah Hari Ini: Japan Airline Jatuh, 509 Meninggal

Jatuhnya pesawat itu bencana terburuk yang melibatkan satu pesawat di Asia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah
Maskapai Japan Airlines.
Foto: Reuters/Toru Hanai
Maskapai Japan Airlines.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pada 12 Agustus 1985, pesawat jumbo Japan Airlines jatuh di lereng gunung terpencil atau sekitar 112 kilometer dari Tokyo,  Jepang. Japan Airline jatuh selama penerbangan 50 menit dari Tokyo ke Osaka.

Terdapat 15 awak pesawat dan 509 penumpang di dalam pesawat yang sebagian besar wisatawan. Dilansir BBC History, kabar jatuhnya pesawat beredar kala itu dan tidak ada laporan korban selamat.

Baca Juga

Jatuhnya pesawat adalah bencana terburuk yang melibatkan satu pesawat di Asia. Kecelakaan ini juga merupakan kecelakaan besar kedua yang melibatkan Boeing 747 dalam dua bulan terakhir. Pada Juni, pesawat jenis Boeing dari armada Air India menabrak Atlantik di selatan Irlandia yang menewaskan 329 orang di dalamnya.

Sumber: AP

Sepuluh menit dalam perjalanan Japan Airlines, pilot menginformasikan kepada pengawas lalu lintas udara pintu di bagian belakang pesawat rusak. Pilot mengatakan akan kembali dan melakukan pendaratan darurat.

Beberapa menit kemudian, sang pilot melaporkan telah kehilangan kendali atas pesawat. Kemudian, pesawat menghilang dari layar radar.

Pesawat diketahui menabrak Gunung Osutaka karena tim penyelamat menemukan puing-puing yang tersebar di wilayah yang luas di pegunungan itu. Investigator kecelakaan dari Boeing menyelidiki sebab kecelakaan. Empat orang yang selamat dievakuasi hampir 15 jam setelah kecelakaan itu.

 

Setelah penyelidikan panjang, diketahui penyebab utama kecelakaan adalah perbaikan badan pesawat yang tidak benar yang dilakukan tujuh tahun sebelumnya. Penyambungan yang salah dari dua bit badan pesawat telah membuat bagian tersebut hingga 70 persen kurang tahan terhadap dekompresi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement