Selasa 13 Aug 2019 07:05 WIB

Arkeolog Temukan Perangko Kuno Suku Ashina di Turki

Perangko kuno diperkirakan milik Suku Ashina Turki kuno.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Perangko kuno Suku Ashina di Turki
Foto: Daily Sabah
Perangko kuno Suku Ashina di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Para arkeolog menemukan perangko langka serta patung-patung milik suku Ashina Turki kuno di Mongolia.  Artefak berhasil ditemukan selama penggalian di Shiveet Ulam yang dipimpin Organisasi Kerjasama Pendidikan dan Ilmiah Dunia Turki (TWESCO). 

Presiden TWESCO, Darhan Kidirali, mengatakan penemuan-penemuan arkeologi terus diperoleh di daerah itu sejak 2014. 

Baca Juga

“Banyak batu perangko unik milik suku Ashina Khagan, serta patung singa ditemukan dalam penggalian,” kata Kidirali seperti dilansir Daily Sabah pada Selasa (13/8).   

Kidirali juga mengatakan benda-benda yang ditemukan itu dalam kondisi baik. Penemuan lainnya di daerah itu menunjukan bahwa wilayah itu pernah digunakan sebagai monumen bagi seorang Khagan atau kaisar imperium Mongolia.   

Kidirali juga menegaskan pihaknya masih terus mengidentifikasi untuk mencari tahu lebih lanjut tentang penemuan-penemuan arkeologis itu. Sementara penggalian arkeologis juga sedang dilakukan di dekat wilayah Kerulen.   

Banyaknya artefak yang ditemukan menunjukan wilayah itu menjadi salah satu tempat suci bagi suku-suku Turki selama periode Gokturk. Diketahui orang-orang Turki awal menyebut dirinya sebagai orang Turki Gokturk sekitar abad ke-6 Masehi.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement