Jumat 11 Oct 2019 10:55 WIB

British Airways Berencana Gunakan Pesawat Ramah Lingkungan

British Airways akan merancang seluruh pesawatnya agar bebas gas buangan karbon.

Maskapai British Airways.
Foto: EPA/Andy Rain
Maskapai British Airways.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- IAG sebagai pemilik British Airways berencana merancang seluruh pesawatnya agar bebas gas buangan karbon pada 2050. Keputusan ini akan menjadi yang pertama untuk industri maskapai penerbangan tanpa emisi.

Sebelumnya, industri penerbangan sempat mendapat tekanan dari para pegiat lingkungan. Salah satu pegiat lingkungan, yakni Extinction Rebellion, yang ingin melumpuhkan aktivitas bandara di Kota London, Kamis (10/10), sepeti dilansir melalui Reuters.

Baca Juga

IAG, perusahaan multinasional asal Spanyol yang berbasis di Inggris, mengatakan, target bebas karbon akan dicapai melalui sejumlah kebijakan. Salah satunya, carbon offsetting atau mengalihkan buangan gas rumah kaca dari penerbangan domestiknya ke sejumlah kegiatan konservasi mulai 2020.

Kebijakan lain yang akan ditempuh IAG, antara lain berinvestasi mengembangkan bahan bakar ramah lingkungan. Kemudian pihaknya akan mengganti pesawat lama dengan jenis baru yang lebih hemat bahan bakar dalam waktu lima tahun mendatang.

"Kami akan berinvestasi membeli pesawat baru serta mengembangkan teknologi inovatif yang dapat mengurangi jejak karbon di industri penerbangan. Sebagaimana kita tahu, saat ini belum ada bahan bakar alternatif yang dapat menggantikan avtur (jet fuel)," kata Direktur Eksekutif IAG Willie Walsh dalam pernyataan tertulisnya.

Walsh mengatakan, langkah-langkah tersebut diharapkan dapat berkontribusi pada rencana Inggris untuk bebas emisi karbon, khususnya pada sektor ekonominya. Tidak hanya itu, IAG juga berharap langkahnya itu sejalan dengan misi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang ingin menekan suhu bumi agar tetap berada di tataran 1,5 derajat Celsius.

Walaupun demikian, misi British Airways menekan emisi karbonnya akan sulit dilakukan apabila maskapai itu masih menjual paket penerbangan jangka pendek dan tiket murah, kata sejumlah pegiat. Langkah pengurangan emisi itu pun dinilai akan kurang berdampak langsung pada tujuan pengendalian perubahan iklim.

Namun bagi Walsh, industri penerbangan berkontribusi terhadap dua persen dari jumlah karbon yang dihasilkan dalam aktivitas perekonomian dunia. Oleh karena itu, misi British Airways mengurangi gas buang karbonnya merupakan salah satu cara yang cukup optimal untuk menjadikan industri penerbangan tak banyak menyebabkanpolusi.

"Peran pemerintah cukup penting untuk mendukung perusahaan yang ingin mengurangi emisi karbonnya, misalnya dengan memberi insentif guna mempercepat investasi di bidang pengembangan teknologi baru. Dukungan pemerintah itu penting demi mengatasi ketergantungan industri penerbangan terhadap bahan bakar minyak," jelas Walsh.

Menurut dia, pemanasan global perlu diatasi dengan solusi yang menyeluruh, dan seluruh inisiatif terkait pengurangan emisi karbon dapat membantu upaya menekan suhu bumi agar tetap pada kisaran 1,5 derajat Celsius.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement