Kamis 31 Oct 2019 03:03 WIB

Kalau Harus Pindah, Warga Australia Pilih Selandia Baru Sebagai Tujuan Utama

Selandia Baru di peringkat pertama negara yang paling bertanggung jawab

Rep: Annabel Crabb/ Red:
.
.

Kebanyakan warga Australia menganggap negeri ini sebagai negara terbaik di dunia, namun kalaupun mereka memutuskan untuk pindah, negara mana yang paling disukai?

Pilihan utama adalah Selandia Baru, dan setelah kemenangan mengejutkan Perdana Menteri Scott Morrison dalam pemilu bulan Mei lalu, terjadi peningkatan minat untuk pindah ke Selandia Baru 10 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

Dalam survei yang dilakukan oleh ABC Australia Talks National Survey — Selandia Baru memang muncul di tempat pertama negara yang akan dipilih warga Australia bila mereka memang akan pindah.

Di survei tersebut, ketika ditanya negara mana yang paling diincar kalau mereka memutuskan migrasi, Selandia Baru menduduki tempat pertama dengan 28 persen, dan Kanada di tempat kedua dengan 15 persen.

Inggris di tempat ketiga dengan 8 persen, dan hanya 6 persen yang mengatakan akan pindah ke Amerika Serikat.

 

Pilihan negara seperti Selandia Baru, Kanada, Inggris dan Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa warga Australia memilih negara-negara yang berbahasa Inggris dan sudah memiliki taraf kehidupan yang setara.

Negara yang dipercayai

Hasil Australia Talks National Survey juga menampilkan data mengenai negara mana saja yang dipercayai oleh warga Australia. Pertanyaan yang diajukan dalam survei adalah 'sampai seberapa jauh anda mempercayai negara-negra ini bertindak secara bertanggung jawab di kancah dunia?"

 

Kembali Selandia Baru menduduki peringkat pertama sebagai negara yang paling bertanggung jawab di mata warga Australia.

Hanya lima persen responden yang masih kurang yakin dengan perilaku negara tersebut dan hanya 1 persen yang 'sama sekali' tidak percaya dengan Selandia Baru.

Yang lainnya, 64 persen 'sangat' percaya dengan Selandia Baru, dan 31 persen lainnya 'sebagian' percaya dengan tindakan Selandia Baru.

Tingkat kepercayaan warga Australia terhadap Selandia Baru bahkan lebih tinggi dari kepercayaan terhadap Australia sendiri.

Hanya 36 persen warga yang percaya Australia sudah 'banyak' melakukan hal yang benar di dunia.

Dalam urusannya dengan tiga negara besar seperti Amerika Serikat, China, Indonesia dan India, kepercayaan warga Australia sangat rendah.

Walau Amerika Serikat adalah mitra terbesar Australia, mayoritas warga yaitu 63 persen mengatakan bahwa AS tidak bertindak secara bertanggung jawab di dunia sekarang ini.

Dan 26 persen mengatakan sama sekali tidak percaya dengan Amerika Serikat.

Ketika ditanya mengenai China, 85 persen mengatakan tidak percaya negara tersebut bisa dipercaya melakukan hal yang benar.

Untuk Indonesia, angkanya hampir sama yaitu 80 persen, yang tidak percaya Indonesia bertindak secara bertanggung jawab.

Di tingkat paling bawah adalah negara seperti Korea Utara dan Iran.

Lihat artikelnya selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement