Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Polisi Italia Temukan Simbol Nazi di TSK Serangan Masjid

Kamis 14 Nov 2019 20:30 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Aksi Pengeboman

Ilustrasi Aksi Pengeboman

Foto: Foto : MgRol112
Simbol nazi hingga bahan peledak disita dari 12 perencana serangan masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, SIENA – Kepolisian Italia telah menggagalkan sebuah rencana dari sejumlah ekstrimis sayap kanan yang berencana meledakkan Masjid Colle Val d'Elsa di Siena, Italia. Setidaknya, 12 orang telah ditangkap karena diduga merencanakan serangan terhadap masjid tersebut.

Media lokal Rainews24 melaporkan, di antara 12 tersangka itu terdapat seorang ayah (60) dan anak (22). Dalam penggerebekan di sejumlah rumah di Colle Val d'Elsa, distrik tetangga dan provinsi itu, polisi menemukan banyak senjata, bahan peledak dan simbol Nazi.

Menurut penyelidik, para anggota terduga perencana aksi teroris itu memang pendukung Nazisme dan menyokong kebencian rasial. Seorang tersangka bernama Andrea Chesi (60) bekerja untuk sebuah Bank Italia Banca Monte dei Paschi di Siena. Profil Facebook miliknya menampilkan beberapa foto dirinya menggunakan pakaian dengan simbol Nazi.

Baca Juga

Selama penggerebakan polisi juga menemukan senjata termasuk pisau, bahan peledak, senjata otomatis, dan peluncur roket. Para tersangka diduga berencana meledakkan pipa yang berada di bawah masjid.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, anggota parlemen dari Partai Demokrat Emanuele Fiano menggambarkan senjata yang disita oleh polisi sebagai hal yang mengejutkan.

"Kita semua harus berhati-hati tentang meningkatnya suasana kebencian, yang telah mencapai tingkat kritis," kata Fiano, dilansir Anadolu Agency, Kamis (14/11).

Sementar itu, penyelidik setempat mengatakan bahwa para ekstrimis sayap kanan bermaksud mendirikan organisasi paramiliter sendiri. Namun, kepala jaksa mengatakan saat ini mereka tidak memiliki bukti korelasi dengan kelompok-kelompok politik ekstrim kanan yang sudah ada. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA