Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Peran Menantu Trump dalam Negosiasi Cina Semakin Besar

Rabu 04 Dec 2019 20:03 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Menantu Trump, Jared Kushner mengambil peran lebih besar dalam negosiasi dengan China. Ilustrasi.

Menantu Trump, Jared Kushner mengambil peran lebih besar dalam negosiasi dengan China. Ilustrasi.

Foto: AP Photo/Susan Walsh
Menantu Trump, Jared Kushner mengambil peran lebih besar dalam negosiasi dengan China

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yakni Jared Kushner ambil peran yang lebih besar dalam negosiasi dengan China. Hal ini terjadi saat Washington dan Beijing tengah berupaya meraih kesepakatan yang mengakhiri perang dagang.

Pada Rabu (4/12) orang yang mengetahui perihal ini mengatakan dalam dua pekan terakhir Kushner meningkatkan keterlibatan langsung dalam negosiasi dengan China. Kushner orang yang membantu Trump mewujudkan Kesepakatan Perdagangan AS-Meksiko-Kanada (USMACA) sesuai keinginannya.

Ketika perundingan dengan China mengalami kemajuan, sumber mengatakan kedua belah pihak belum menyepakati sejauh mana AS akan mencabut tarif tambahan yang mereka berlakukan terhadap China. Mereka juga belum menyepakati seberapa banyak China akan meningkatkan pembelian produk-produk pertanian Amerika. 

Gedung Putih mengonfirmasi keterlibatan Kushner. Tapi mereka menolak memberikan penjelasan lebih detail tentang pengaruhnya dalam negosiasi itu. Sumber yang tidak dapat menyebutkan namanya mengatakan baru-baru ini Kushner bertemu dengan Duta Besar China untuk AS Cui Tiankai.

Keduanya pernah bertemu beberapa kali sejak Trump menjadi presiden. Para pakar perdagangan mengatakan Kushner membangun hubungan pintu belakang dengan China.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin memimpin negosiasi selama ini. Mereka berunding dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He selama dua tahun terakhir sejak AS mengeluhkan praktek perdagangan dan subsidi China. Termasuk memaksa perusahaan AS menyerahkan teknologi mereka ke perusahaan China.

"Jared telah terlibat dalam proses ini sejak awal dengan koordinasi penuh dan dalam mendukung upaya Duta Besar Lighthizer dan Menteri Mnuchin," kata pejabat Gedung Putih. 

Kushner sudah memainkan peran penting dalam negosiasi perdagangan dengan Kanada dan Meksiko pada tahun 2018. Kesepakatan yang menggantikan North American Free Trade Agreement. Ia membantu menyelesaikan perbedaan akhir ketiga negara.

"Kesepakatan USMCA tidak akan terjadi jika tidak ada Jared," kata Lighthizer.

Kushner yang menikah dengan Ivanka Trump sudah beberapa kali terlibat dalam urusan pemerintahan. Ia mencoba membentuk rencana perdamaian di Timur Tengah, mengubah kebijakan imigrasi AS, dan memberikan saran kepada Trump dalam masalah adiksi opioid dan masalah dengan Departemen Urusan Veteran.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA