Senin 23 Dec 2019 03:11 WIB

Aksi Damai untuk Uighur di Hong Kong Berakhir Ricuh

Ribuan demonstran Hong Kong melakukan aksi damai membela etnis musilim China.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nora Azizah
Lebih dari 1.000 orang berkumpul melakukan aksi damai Hong Kong untuk membela etnis muslim di Cina (Ilustrasi demonstrasi Hong Kong)
Foto: AP
Lebih dari 1.000 orang berkumpul melakukan aksi damai Hong Kong untuk membela etnis muslim di Cina (Ilustrasi demonstrasi Hong Kong)

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Polisi anti huru-hara Hong Kong menyemprotkan merica kepada para pengunjuk rasa di pusat distrik keuangan kota, pada Ahad (22/12). Para pengunjuk rasa tersebut melakukan aksi damai dalam mendukung Etnis Uighur Cina namun berubah kacau.

Lusinan polisi berbaris melintasi lapangan umum yang menghadap ke pelabuhan Hong Kong. Mereka berhadapan dengan pengunjuk rasa yang melemparkan botol kaca dan batu ke arah mereka.

Baca Juga

Sebelumnya, pada sore hari lebih dari 1.000 orang berkumpul dengan tenang. Mereka melakukan aksi damai untuk membela etnis muslim di Cina tersebut dan mengibarkan bendera dan poster Uighur.

Protes di Hong Kong telah dilakukan selama tujuh bulan. Banyak penduduk marah pada apa yang mereka lihat sebagai campur tangan Cina dalam kebebasan yang dijanjikan kepada bekas koloni Inggris tersebut.

"Banyak toko saat ini khawatir dan berjuang untuk mempertahankan bisnis mereka," kata sekretaris keuangan kota itu, Paul Chan, Ahad.

Protes di Hong Kong dimulai atas RUU ekstradisi yang sekarang ditarik. RUU tersebut memungkinkan orang untuk dikriim ke daratan Cina untuk diadili. Protes meningkat pesat sejak Juni 2019 lalu. Protes tersebut kini telah berkembang menjadi seruan yang lebih luas soal demokrasi dan tuntutan-tuntutan lainnya.

Pada hari Sabtu (21/12), polisi anti huru-hara Hong Kong menyapu beberapa pusat perbelanjaan. Tindakan keras polisi terhadap demosntrasi dan sering menggunakan gas air mata telah membuat marah banyak pemrotes.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement