Selasa 07 Jan 2020 00:27 WIB

Keluarga Steve Irwin Rawat 90 Ribu Hewan Terdampak Kebakaran

Rumah sakit keluarga Steve Irwin mengambil hewan dari berbagai wilayah Australia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Indira Rezkisari
Seekor kangguru kecil menyeberang jalan melewati truk pemadam kebakaran di Mangrove Mountain di utara Sydney, Australia, beberapa waktu lalu. Kebakaran Australia mempengaruhi banyak hewan di sana.
Foto: AP Photo/Rick Rycroft
Seekor kangguru kecil menyeberang jalan melewati truk pemadam kebakaran di Mangrove Mountain di utara Sydney, Australia, beberapa waktu lalu. Kebakaran Australia mempengaruhi banyak hewan di sana.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Peneliti dari Universitas Sydney, Chris Dickman, mengatakan setengah juta hewan termasuk kanguru, koala, ular, kadal, dan berbagai spesies burung telah musnah sejak terjadi kebakaran hutan di berbagai wilayah Australia. Di tengah bencana tersebut, sebuah rumah sakit milik keluarga di Queensland membantu menyelamatkan hewan-hewan yang terdampak kebakaran.

Rumah sakit margasatwa tersebut adalah milik keluarga mendiang Steve Irwin. Total hingga saat ini, seperti dilansir dari News.com.au, rumah sakit margasatwa itu telah merawat 90 ribu pasien hewan.

Baca Juga

Bindi Irwin, putri mendiang Steve Irwin, menuturkan rumah sakit margasatwa milik keluarganya itu mengambil hewan dari seluruh negeri. Dia menjelaskan, ada peningkatan pasien dari hewan rubah terbang hingga 750 persen, yang diterima dari wilayah yang dilanda kebakaran.

"Beberapa anak rubah sekarang dirawat oleh tim di rumah sakit sampai mereka cukup besar untuk pulang dan tidak ada ancaman kebakaran," kata dia melalui akun pribadi Instagram-nya.

Irwin menjelaskan, rubah terbang saat ini tengah dipengaruhi secara signifikan oleh kebakaran hutan. "Dan kita sedang melihat gelombang masuknya hewan-hewan cantik ini dari seluruh negeri," paparnya.

Saudara laki-laki Bindi Irwin, Bob, membagikan foto pasien hewan ke-90.000 yang masuk rumah sakit. Hewan tersebut yakni sebuah platipus bernama "Ollie". Dia mengatakan, selama 16 tahun terakhir, rumah sakit telah menyediakan rehabilitasi satwa liar dan layanan penyelamatan hewan yang luar biasa," tulis Bob.

Bob juga mengungkapkan, tekanan dari kekeringan dan kebakaran hutan ini menandakan bahwa mereka membutuhkan bantuan lebih dari sebelumnya. Lebih dari satu juta hektare telah hangus di Victoria, dan dari jumlah tersebut, lebih dari 800 ribu berada di wilayah Gippsland Timur.

Di New South Wales, ada 136 kebakaran yang masih menyala, dengan lebih dari 69 kebakaran, termasuk kebakaran besar-besaran di barat daya Eden di pantai selatan jauh, yang telah merambah lebih dari 140 ribu hektare. Untuk membantu satwa liar yang terluka, Pemerintah Victoria telah memberikan persetujuan bagi dokter hewan untuk melakukan perjalanan ke zona api di Mallacoota dan East Gippsland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement