Selasa 07 Jan 2020 18:01 WIB

Kebakaran Hutan Ancam Eksistensi Hewan Langka Australia

Kebakaran hutan Australia melahap lahan 155 ribu hektare.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Kebakaran Hutan Ancam Eksistensi Hewan Langka Australia. Petugas bernama Simon Adamczyk menyelamatkan koala yang menjadi korban kebakaran hutan Australia di Pulau Kanguru.
Foto: David Mariuz/EPA
Kebakaran Hutan Ancam Eksistensi Hewan Langka Australia. Petugas bernama Simon Adamczyk menyelamatkan koala yang menjadi korban kebakaran hutan Australia di Pulau Kanguru.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Kebakaran hutan di Australia mengancam eksistensi satwa unik dan langka di Pulau Kanguru. Sejauh ini, api telah melahap lahan seluas 155 ribu hektare.

Salah satu satwa langka yang terancam akibat kebakaran di Pulau Kanguru adalah kakatua hitam mengkilap. Ia telah menjadi subjek dari dua dekade kerja konservasi. Pada 1990-an, populasi burung tersebut hanya mencapai 150 ekor. Namun jumlah mereka telah berkembang hingga 400 ekor dalam hitungan terakhir.

Baca Juga

Kini eksistensi mereka kembali terancam akibat kebakaran hutan di Pulau Kanguru. "Banyak tempat makan utama dan tempat berkembang biak di pantai utara (Pulau Kanguru) telah hilang," ujar Daniella Teixeira, ilmuwan yang meneliti burung-burung di University of Queensland, dikutip The Guardian, Selasa (7/1).

Gabriel Crowley dari Centre of Biodiversity and Conservation Science di University of Queensland telah bekerja dalam proyek konservasi kakatua hitam selama 22 tahun. Dia mengatakan ada harapan setidaknya satu kawanan mungkin lolos dari kebakaran hutan dan berpindah ke Dudley Peninsular di timur laut.

Kendati demikian, kawanan kakatua hitam itu kemungkinan kesulitan menemukan makanan. "Mereka memiliki beberapa tempat untuk bersarang dan kehilangan persediaan makanan mereka. Kelangsungan hidup mereka akan bergantung pada upaya pemulihan yang intensif," ujar Crowley.

Namun, Crowley mengaku cukup putus asa. "Ini adalah spesies yang sangat menawan dan setiap individu berbeda. Karena jumlahnya sangat sedikit, setiap burung yang hilang adalah tragedi. Setiap betina yang melahirkan sangat penting," kata dia.

Organisasi Kangaroo Island Land for Wildlife memiliki delapan lokasi di lahan privat yang melindungi beberapa spesies terancam punah, termasuk kelinci, kadal khas Australia, kakatua hitam, echidna, dan bandicoot. Ahli ekologi dari Land for Wildlife Heidi Groffen mengatakan delapan lokasi perlindungan spesies-spesies langka itu telah terbakar. Jaringan kamera yang digunakan untuk memantau meleleh.

"Pulau ini adalah tempat perlindungan. Ini adalah kebakaran terbesar yang telah kita lihat dalam waktu yang lama," ujar Groffen.

Groffen mengatakan dia dan rekan-rekannya telah berusaha mendatangi lokasi konservasi untuk melihat apakah ada titik yang luput dari kebakaran. Sehingga kelinci atau spesies lainnya dapat selamat. "Kami berusaha untuk menjadi positif," ucapnya.

Ahli entomologi di University of Adelaide Richard Glatz mencemaskan eksistensi lebah kayu hijau yang langka. "Yang tersisa dari lebah adalah di Pulau Kanguri dan beberapa di wilayah dekat Sydney," kata dia.

Selain spesies-spesies langka, kebakaran hutan juga menyebabkan cukup banyak hewan-hewan lain, seperi kanguru, walabi, dan possum kerdil terluka. Area perawatan dipersiapkan untuk mereka.

Ganasnya kebakaran hutan di Pulau Kanguru menyebabkan ribuan koala mati. Populasi koala di pulau itu memang cukup besar.

Pemilik Kangaroo Island Wildlife Park Sam Mitchell memperkirakan terdapat sekitar 25 ribu koala yang mati akibat kebakaran hutan. Namun, angka atau jumlah pastinya masih belum diketahui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement