Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Polandia Musnahkan 6.000 Ekor Unggas Terinfeksi Flu Burung

Selasa 14 Jan 2020 07:59 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Wabah flu burung kembali terdeteksi di wilayah Wielkopolska, Polandia.

Wabah flu burung kembali terdeteksi di wilayah Wielkopolska, Polandia.

Foto: dok. Istimewa
Wabah flu burung kembali terdeteksi di Wielkopolska, Polandia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wabah flu burung kembali terdeteksi di wilayah Wielkopolska, Polandia. Setelah melakukan pengecekan secara menyeluruh, pemerintah kemudian memusnahkan sekitar 6.000 angsa di peternakan wilayah Wielkopolska pada Senin (13/1) waktu setempat.

Menurut seorang juru bicara wilayah Wielkopolska, pemusnahan angsa yang terjangkit virus menjadi salah satu upaya mencegah penyebaran wabah flu burung.

“Pemusnahan ini merupakan langkah yang kami lakukan untuk mencegah penyebaran virus. Sekitar 6.000 angsa di peternakan dimusnahkan,” kata juru bicara itu seperti dilansir Reuters, Senin (13/1).

Dengan ditemukannya wabah ini, menambah rentetan kasus flu burung di Polandia. Tercatat telah terjadi 6 kasus wabah flu burung di Polandia, sejak Desember 2019 hingga saat ini. Jenis virus yang terdeteksi adalah subtipe dari flu burung H5N8 yang sangat patogen, yang juga dapat mengancam kesehatan manusia.

Flu burung adalah jenis penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia. Virus flu burung sebenarnya menyerang unggas, baik itu unggas liar maupun unggas ternak.

Jenis virus flu burung yang pernah menyebabkan wabah di Asia, Afrika, Timur Tengah dan beberapa bagian di Eropa adalah jenis H5N1 dan H7N9. Selain itu, jenis virus flu burung lainnya yang menyerang manusia antara lain H9N2, H7N7, H6N1, H5N6, H5N8, H10N8 dan lainnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA