Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Indonesia Ingin Punya 10 'Bali Baru', Akankah Juga Bernasib Seperti Bali?

Rabu 29 Jan 2020 11:40 WIB

Red:

.

.

Mandalika di Lombok juga termasuk lima kawasan ekonomi pariwisata Indonesia lainnya.

Pantai Pulisan di pesisir Sulawesi Utara menawarkan pantai berpasir putih dengan air yang hangat, rumah dari berbagai jenis karang dan ikan tropis.

Hampir 20 tahun terakhir, keluarga Malcolm Barnes sudah menjadi pemandu turis-turis asing ke kawasan ini.

"Senang rasanya mengajak orang-orang berkeliling di rumah saya, mengajak mereka melihat alam, budaya, dan orang-orangnya," kata Malcolm kepada ABC.

 

Pantai Pulisan tepatnya berada di Likupang, sekitar dua jam perjalanan dari kota Manado dan diperkirakan akan menjadi tujuan popular bagi turis asing ke Indonesia.

Pantai ini juga jadi satu dari lima zona ekonomi yang hendak dibangun pemerintah Indonesia, selain juga termasuk dari program 10 'baru Bali' yang sedang dikembangkan.

"Warga disini tidak berbeda dengan orang Bali," kata Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

"Mereka menyambut pendatang, selalu tersenyum. Ketika semua pihak bekerja keras bersama, kita bahkan bisa mengalahkan Bali," ujarnya.

 

Setiap tahunnya Bali kedatangan lima juta turis asing, seperlimanya berasal dari Australia.

Di tahun 2018 lebih dari 100 ribu turis asing berkunjung ke Sulawesi Utara dan pemerintah setempat ingin meningkatkan jumlahnya hingga setengah juta pengunjung di tahun depan.

Upaya terbesar yang mereka lakukan terutama untuk menarik jumlah pengunjung dari China.

 

Dengan populasi yang kebanyakan umat Kristen, Gubernur mengatakan hal ini menjadi daya jual tersendiri.

Artinya, alkohol dan daging babi, yang jadi hidangan favorit China akan lebih mudah didapatkan dibandingkan di kawasan lainnya di Indonesia.

Surga bagi pengguna Instagram

Kawasan Likupang juga terlihat bagus di jejaring sosial.

Dengan masih sepinya kawasan ini, turis bisa dipastikan akan beramai-ramai pergi dan menyerbu pantai untuk mengambil 'selfie'.

 

Tapi seperti tempat tujuan wisata lainnya di Indonesia, meski terlihat cantik di Instagram, sampah menjadi masalah di pantai ini.

Di pusat kota, restoran hanyalah terdiri dari beberapa meja dan kursi plastik, masih jauh dengan pelayanan di Bali yang memiliki tempat menginap bintang lima dan pelayan berbahasa Inggris.

Tapi pelayanan di kawasan ini tetap menawarkan keramahan.

Pemerintah Indonesia kini sedang membangun sejumlah jalan baru di Likupang dan berencana membangun sebuah bandar udara.

Sebagai pemandu wisata, Malcolm Barnes menyambut investasi yang datang, tapi ia ingin agar ada perencanaan yang baik untuk masalah sampah.

"Apa yang saya khawatirkan adalah kebanjiran pengunjung. Di Bali terlalu banyak sampah yang tidak bisa dikelola," ujarnya.

 

Gubernur Olly mengatakan pengelolaan sampah kini sedang dirancang dengan akan adanya pusat pengelolaan sampah dan kantor pariwisata yang memastikan sektor ini bisa berkesinambungan.

10 lokasi wisata baru

Dewandra Gautama dan istrinya, Isdina adalah pengunjung dari Bogor, Jawa Barat yang ditemui ABC saat mereka sedang berlibur di Likupang.

Mereka sudah pernah juga ke Bali, tapi lebih memilih Likupang.

"Tempat ini jauh lebih bagus dari Bali, lebih cantik, dan tujuan wisata yang indah di masa depan," kata Dewandra.

 

Mandalika di Lombok juga termasuk lima kawasan ekonomi pariwisata Indonesia lainnya yang sedang dibangun.

Kawasan lainnya yang juga akan dipromosikan sebagai tempat-tempat wisata baru adalah Danau Toba, Candi Borobudur, dan Labuan Bajo.

Simak berita-berita menarik lainnya di situs ABC Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA