Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Warga Inggris Jadi Orang Tertua di Dunia

Jumat 28 Feb 2020 02:03 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani

Pria tertua dunia Chitetsu Watanabe meninggal pada usia 112 tahun.

Pria tertua dunia Chitetsu Watanabe meninggal pada usia 112 tahun.

Foto: EPA
Warga Inggris bernama Bob Weighton berusia 111 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gelar sebagai manusia paling tua sempat dipegang oleh orang Jepang. Tapi, setelah orang itu meninggal, maka gelar itu kini dipegang oleh seorang warga Inggris.

Dilansir dari Independent pada Kamis (27/2), orang yang menjabat sebagai orang tertua itu adalah seorang pria bernama Bob Weighton. Saat ini, Bob Weighton telah berusia 111 tahun. Ia pun mengaku tidak terlalu bangga dengan hal ini.

"Ini bukan suatu hal yang saya harapkan. Ini hanya salah satu dari fakta kehidupan. Saya juga tidak merasa puas karena ini sekaligus menandakan bahwa orang lain telah meninggal," kata Bob Weighton.

Tapi, dengan segala hal yang pernah ia alami hingga saat ini, Bob masih merupakan orang yang murah senyum. Pria kelahiran 29 Maret 1908 itu pun menekankan bahwa ini adalah hal biasa meski sebagian orang meihat ini adalah suatu hal yang menakjubkan.

Soal kehidupan sehari-hari, Bob sendiri sempat bekerja sebagai seorang guru Bahasa Inggris di Taiwan. Setelah itu, ia pun sempat terlibat dalam perang dunia kedua.

Saat itu, ia sempat mendapat tugas untuk jadi penerjemah komunikasi militer Jepang di Kanada. Setelah itu, ia kembali hidup di Inggris bersama istri yang dinikahi di Hong Kong pada 1937.

Saat ini, ia tinggal di Hamsphire. Ia pun sempat rutin menerima kartu ucapan ulang tahun dari Ratu Inggris. Tapi, karena tempat tinggalnya terbatas dan tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup, ia pun meminta agar Ratu Inggris tak lagi mengirim kartu tersebut.

"Kartu terakhir yang saya terima adalah saat ulang tahun saya dua tahun lalu. Saat itu ia memberikanya sambil tersenyum," kata pria yang bulan depan tepat berusia 112 tahun tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA