Rabu 11 Mar 2020 15:39 WIB

Taliban Tolak Pembebasan Bersyarat Afghanistan

Sebanyak 5.000 tahanan anggota Taliban akan dibebaskan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Taliban di Afganistan (ilustrasi).(aljazirah)
Foto: aljazirah
Taliban di Afganistan (ilustrasi).(aljazirah)

REPUBLIKA.CO.ID, PESHAWAR -- Taliban menolak pembebasan bersyarat bagi tahanan yang di penjara oleh Pemerintah Afghanistan, Rabu (11/3). Sebelumnya, juru bicara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, Sediq Sediqqi, mengatakan dekrit mengenai detail proses tukar tahanan itu sedang dilakukan.

"Dijelaskan dengan baik dalam perjanjian damai bahwa 5.000 tahanan pertama akan dibebaskan dan kemudian dialog Afghanistan akan dimulai," kata juru bicara Taliban di Doha Suhail Shaheen mengatakan kepada Reuters melalui telepon.

Baca Juga

Shaheen dengan tegas menyatakan, perintah pembebasan bersyarat tahanan yang diumumkan oleh pemerintah Afghanistan bertentangan dengan perjanjian AS-Taliban yang ditandatangani di Doha bulan lalu. Pada kesempatan itu, telah disepakati pembebasan tanpa syarat apapun yang perlu dipenuhi oleh Taliban.

"Kami tidak pernah menyetujui pembebasan bersyarat dari tahanan. Jika seseorang mengklaim ini, itu akan bertentangan dengan perjanjian damai yang kami tandatangani pada tanggal 29 Februari," ujar Shaheen.

Laporan sebelumnya menyatakan, Taliban telah mempersiapkan diri menjemput anggota yang ditangkap pemerintah Afghanistan. Mereka akan melakukan pertukaran dengan menyerahkan 1.000 pasukan pemerintah Afghanistan.

Sediqqi mengatakan di Twitter, pembebasan anggota Taliban tergantung dengan perkembangan keamanan dan perdamaian. Direncanakan pembebasan pun akan berlangsung pada Rabu (11/3).

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement