Kamis 30 Apr 2020 11:00 WIB

33 Negara Belum Terjamah Virus Corona

Belum adanya laporan infeksi virus corona, belum tentu tidak ada sama sekali kasus.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Lesotho
Foto: [ist]
Lesotho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 33 negara dilaporkan sama sekali belum terjamah oleh virus corona tipe baru, Covid-19. Negara itu termasuk Komoro, Lesotho, Tajikistan, Turkmenistan, dan negara-negara pulau kecil yang berjauhan di Pasifik seperti Nauru, Kiribati, dan Kepulauan Solomon.

Meskipun hingga kini kasus Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 3 juta orang di lebih dari 200 negara dan wilayah dunia, 33 negara belum melaporkan adanya kasus infeksi Covid-19 pada warganya. Namun, hanya karena suatu bangsa belum melaporkan infeksi, tidak berarti belum ada kasus.

Baca Juga

Sebagai contoh, Korea Utara (Korut) belum melaporkan kasus virus corona, tetapi negara itu berbatasan dengan China, Rusia, dan Korea Selatan (Korsel) yang ketiganya berurusan dengan jumlah kasus yang tinggi. Hal itu mungkin saja telah membuat Korut benar-benar menjadi negara yang sangat rahasia.

Pada 20 April, sebanyak 214 negara dan wilayah dari 247 negara yang diakui oleh PBB telah mencatat setidaknya ada satu kasus di negara-negara itu. Dari jumlah tersebut, 190 negara mengalami penularan lokal. Virus tersebut telah menyebar dalam masyarakat.

Beberapa tren dapat dilihat dari penyebaran virus corona baru berdasarkan wilayah. Asia secara kasar mengalami dua gelombang penularan yang luas melintasi perbatasan. Sementara itu, di Eropa, banyak negara mulai melaporkan kasus-kasus dalam sepekan dari akhir Februari.

Amerika Latin dan Afrika terlihat bebas virus untuk bulan Januari dan Februari sebelum virus corona menyebar dengan cepat di kedua benua pada bulan berikutnya. Lima negara dan wilayah lain telah mengeklaim menang melawan virus sehingga didapati nol kasus. Negara itu adalah Anguilla, Greenland, Pulau Karibia St Barts dan Saint Lucia, serta Yaman. Negara-negara itu tidak melaporkan kematian ataupun menyatakan kasus infeksi aktif untuk saat ini. Kasus sebelumnya yang ada sepenuhnya telah sembuh.

Berikut daftar lengkap negara-negara terbebas Covid-19.

Eropa: Aland Island dan Svalbard and Jan Mayen Island

Amerika Latin: Pulau Bouvet dan South Georgia and the South Sandwich

Asia: Korut, Tajikistan, dan Turkmenistan

Afrika: British Indian Ocean Territory, Comoros, French Southern Territories, Lesotho, dan Saint Helena.

Oceania: American Samoa, Christmas Island, Cocos (Keeling) Islands, Cook Islands, Heard Island and McDonald Islands, Kiribati, Marshall Islands, Micronesia (Federated States of), Nauru, Niue, Norfolk Island, Palau, Pitcairn, Samoa, Solomon Islands, Tokelau, Tonga, Tuvalu, United States Minor Outlying Islands, Vanuatu, dan Wallis and Futuna Islands.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement