Rabu 15 Jul 2020 04:40 WIB

Iran Eksekusi Mati Agen CIA

Nama agen CIA yang dieksekusi adalah Reza Asgari.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Bendera Iran
Foto: Tehran Times
Bendera Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemerintah Iran mengatakan telah mengeksekusi seorang agen Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA. Dia adalah seorang pensiunan di Kementerian Pertahanan Iran.

Juru bicara kehakiman Iran Gholam Hossein Esmaeili, pada Selasa (14/7), mengungkapkan nama agen CIA yang dieksekusi adalah Reza Asgari. Eksekusi terhadap Asgari dilakukan setelah ada dari pengadilan terkait.

Menurut Esmaeili, Asgari telah bekerja di Kementerian Pertahanan Iran selama bertahun-tahun. Kecurigaan bahwa dia adalah agen CIA muncul di masa-masa akhir dinasnya dan pasca-pensiun.

Adapun yang dilakukan Asgari adalah memberikan informasi dan data terkait program rudal Iran ke dinas intelijen AS. Esmaeili menegaskan Iran selalu serius dengan masalah keamanannya.

Menurut dia, awal Juni lalu, Iran juga telah mengeksekusi agen mata-mata yang bekerja kepada CIA dan badan intelijen Israel, Mossad. Esmaeili mengungkapkan, agen tersebut terlibat dalam pembunuhan mantan komandan Pasukan Quds Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

"Baru-baru ini seorang individu bernama Seyyed Mahmoud Mousavi Majd, yang telah terhubung dengan layanan Mossad dan CIA dan telah mengumpulkan dan mentransmisikan intelijen di lokasi Martir Jenderal Soleimani, telah dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Revolusi Islam," ujar Esmaeili.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement