Kamis 30 Jul 2020 03:00 WIB

Yordania Bantah Laporan Pengiriman Senjata ke Armenia

Pada Selasa, Kementerian Luar Negeri Yordania memanggil Duta Besar Azerbaijan di Amman Rasim Rzayev terkait masalah ini - Anadolu Agency

Pada Selasa, Kementerian Luar Negeri Yordania memanggil Duta Besar Azerbaijan di Amman Rasim Rzayev terkait masalah ini  - Anadolu Agency
Pada Selasa, Kementerian Luar Negeri Yordania memanggil Duta Besar Azerbaijan di Amman Rasim Rzayev terkait masalah ini - Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN - Otoritas Yordania membantah sebuah laporan yang menyebutkan bahwa kerajaan memasok senjata ke Armenia selama bentrokan di perbatasan Armenia-Azerbaijan awal bulan ini.

Pada Selasa, Kementerian Luar Negeri Yordania memanggil Duta Besar Azerbaijan di Amman Rasim Rzayev, menyusul pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Azerbaijan tentang pemanggilan Duta besar Yordania di Baku Abdullah Ghosheh sehari sebelumnya.

Baca Juga

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Azerbaijan, penjualan senjata mungkin dilakukan oleh perusahaan swasta yang membeli senjata dari industri pertahanan Yordania. Wakil Menlu Azerbaijan Araz Azimov yang menemui Ghosheh di Baku mengatakan laporan tentang penjualan senjata oleh Yordania ke Armenia menyebabkan kekhawatiran di kalangan masyarakat luas Azerbaijan.

Pada 12 Juli, pasukan Armenia melanggar gencatan senjata dan menyerang tentara Azerbaijan di distrik Tovuz dengan artileri, hingga menewaskan 12 tentara Azerbaijan dan seorang warga sipil. Azerbaijan menuding Armenia melancarkan aksi-aksi "provokatif" dan memperingatkan bahwa Azerbaijan siap untuk melawan segala bentuk serangan dari negara tetangganya itu.

Kedua negara itu telah lama berkonflik karena memperebutkan wilayah Upper Karabakh. Upper Karabakh atau Nagorno-Karabakh adalah wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional, tetapi diduduki secara ilegal oleh Armenia sejak 1991 melalui agresi militer.

Empat resolusi Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB menuntut penarikan pasukan Armenia dari Upper Karabakah dan tujuh wilayah pendudukan lainnya di Azerbaijan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/yordania-bantah-laporan-pengiriman-senjata-ke-armenia-/1926031
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement