Ahad 25 Oct 2020 16:08 WIB

Konglemerat Bos Samsung Meninggal Dunia

Pemimpin Samsung Lee Kun-hee sebelumnya dirawat di RS karena serangan jantung

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bos Samsung Lee Kun-Hee
Foto: theguardian.com
Bos Samsung Lee Kun-Hee

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pemimpin perusahaan multinasional Samsung, Lee Kun-hee meninggal dunia. Anak dari pendiri perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) itu meninggal setelah enam tahun dirawat di rumah sakit karena serangan jantung.

Lee yang mengembangkan perusahaan mie ayahnya, Lee Byung-chull menjadi raksasa teknologi meninggal pada Ahad (25/10). Di bawah kepemimpinan Lee Kun-hee Samsung tumbuh menjadi perusahaan teknologi, konstruksi, hingga asuransi.

Baca Juga

Wakil Ketua Dewan Samsung Jay Y Lee mengatakan Lee Kun-hee meninggal didampingi keluarganya, termasuk putranya. Lee Kun-hee generasi kedua konglongmerat terkaya di Korsel. Ia akan meninggalkan warisannya ke generasi ketiga.

"Pemimpin Lee seorang visioner sejati yang mengubah Samsung dari perusahaan lokal menjadi garda depan inovasi dan kekuatan industri dunia, 'Manajemen Baru' yang dideklarasikan tahun 1993 menjadi motivasi visi perusahaan untuk memberikan teknologi yang terbaik untuk memajukan masyarakat global," kata Samsung dalam pernyataan mereka.

Lee Kun-hee membawa Samsung Electronics dari pabrik televisi yang tak dipandang menjadi perusahaan teknologi dengan pendapatan terbesar di dunia, mengalahkan pabrik-pabrik Jepang seperti Sony, Sharp dan Panasonic di bidang chip, televisi, dan display. Samsung berhasil mengakhiri kejayaan headset Oyj dari Nokia. Perusahaan itu juga menjual lebih banyak telepon pintar dibandingkan Apple Inc.  

"Warisannya akan abadi," kata Samsung.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement